DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Peringati Dies Natalis ke-38, Kepala SMP Negeri 2 Tanjunganom : Membangun Karakter Wujudkan Pelajar Pancasila

Nganjuk, megapos.co.id – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk menggelar jalan santai dengan tema ‘Teruslah Berkarya Duta Semakin Jaya’, Sabtu (20/10/2023).

Jalan santai yang mengambil start dan finish di halaman sekolah ini, digelar dalam rangka memperingati dies natalis ke-38 SMP Negeri 2 Tanjunganom. Adapun hadiah utama berupa kulkas, mesin cuci, kambing dan ayam serta ratusan door price.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala SMP Negeri 2 Tanjunganom, Drs Bambang Nurhaji, Forkopimcam Tanjunganom, dewan guru dan staf serta seluruh siswa siswi SMP Negeri 2  Tanjunganom.

Siswa siswi SMP Negeri 2 Tanjunganom antusias mengikuti jalan santai

Kepala SMP Negeri 2 Tanjunganom, Drs Bambang Nurhaji mengatakan, selain jalan santai, hari ini juga digelar acara hiburan dan pentas seni yang menampilkan berbagai potensi dan kreativitas peserta didik, seperti pentas seni music, seni hadroh, bela diri, dan sebagainya.

“Jadi, rangkaian kegiatan ini merupakan wujud karya dari anak, oleh anak dan untuk anak,” terang Bambang sapaan akrab Drs Bambang Nurhaji.

Ia mengatakan, melalui momentum peringatan dies natalis ke-38 SMP Negeri 2 Tanjunganom, pihaknya terus berkomitmen membangun karakter peserta didik untuk mewujudkan Pelajar Pancasila.

“Berbagai kegiatan telah kita lakukan sebagai wujud implementasi pendidikan karakter seperti halnya kegiatan ekstrakurikuler mengahafal Quran, Baca Tulis Quran, Tilawatil Quran dan pengajian rutin setiap bulan sekali,” terangnya.

Pengguntingan pita oleh Kepala SMP Negeri 2 Tanjunganom simbol dimulainya acara peringatan dies natalis ke-38 SMP Negeri 2 Tanjunganom

Bahkan, kata Bambang, setiap pagi, diadakan qiroah secara bergiliran bagi yang mampu membaca dan dilanjutkan membaca salawat.

“Dengan kegiatan ini, semoga anak didik kita bisa merubah perilaku yang mungkin sebelumnya kurang baik menjadi lebih baik,” harapnya.

Masih menurut Bambang, selain jalan santai dan pentas seni, sebelumnya, pihaknya juga menggelar acara yang bertajuk ‘SMP Negeri 2 Tanjunganom Bersalawat’ bersama Gus Zamzami.

Unjuk seni bela diri di puncak peringatan dis natalis ke-38 SMP Negeri 2 Tanjunganom

“Kita memilih acara bersalawat untuk membekali anak didik dengan akhlak mulia dan jiwa religius,” harapnya.

Untuk diketahui, banyak prestasi yang diraih SMP Negeri 2 Tanjunganom, diantaranya menjadi peserta Jambore Daerah Tahun 2023, juara 2 Hadroh tingkat kabupaten tahun 2023 dan sebagainya

“Bahkan sebagai bentuk apresiasi, kepada juara lomba Hadroh, mereka (13 anak dan 4 pembina_red) kita ajak bersilaturahmi di rumah Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, Solo. Selain silaturahmi, kita juga langsung mendengarkan tausiah dari Habib Syech secara khusus,” pungkasnya. (Jt/Nr)