DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Maksimalkan PKTD, Normalisasi Saluran Irigasi Selolanang Mulai DiKerjakan

Tulungagung, megapos.co.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Krosok Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung mulai melaksanakan program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) yang merupakan program prioritas Dana Desa (DD) tahun Anggaran 2023

Salah satunya adalah program Normalisasi Saluran Irigasi Selolanang yang berada di Dusun Krosok. kegiatan ini diawali dari pengerukan saluran air yang dilakukan oleh pemdes dan beberapa warga.

Kepala Desa Krosok, Susanto mengatakan, normalisasi atau pengerukan saluran tersier air dan saluran pembuang dilaksanakan di semua saluran air yang terdapat di beberapa dusun, salah satunya Dusun Krosok

“Kegiatan ini terlaksanakan dari hasil musyawarah melalui tingkat dusun, tingkat desa sampai dengan penetapan APBDes desa Krosok tahun 2023,” kata Susanto, Senin (23/10/2023).

Susanto juga mengungkapkan, terkait volume atau panjangnya pemdes tidak bisa menentukan karena untuk yang lebih jelasnya hanya pada team tehnik.

Menurutnya, semua saluran tersier dan pembuang yang berada di wilayah pemerintahan desa Krosok akan ditangani Pemdes melalui Program Padat PKDT.

“Kegiatan ini kami libatkan dari aparat desa yaitu kepala RT, kepala dusun, kepala urusan dan kepala seksi untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan PKDT,” jelasnya.

Terkait anggaran kegiatan program PKDT, pemerintah desa memanfaatkan alokasi DD tahun 2023.

“Sumber anggaran dari DD tahun ini’,” imbuhnya.

Diharapkan dengan normalisasi saluran ini bisa bermanfaat bagi warga sehingga tingkat produksi pangan di sektor pertanian dapat meningkat. (Adv/Sdr)