DaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Bupati Trenggalek Terima Penghargaan Proklim 2023 dari KLHK Atas Desa Inovatif di Wilayahnya

Trenggalek, megapos.co.id – Di Kabupaten Trenggalek dua Desa Inovatif yaitu Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul dan Desa Gading Kecamatan Tugu mendapat penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Desa Wonocoyo menerima tropi Proklim Lestari dan Desa Gading menerima tropi Proklim Utama.

Penghargaan tersebut, diserahkan langsung oleh LHK RI Siti Nurbaya kepada Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin pada festival Iklim 2023 di Auditorium Di Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jakarta,Selasa (24/10)

“Saya ucapkan terima kasih dan syukur Alhamdulillah atas apresiasi dari pemerintah pusat dimana Kabupaten Trenggalek dianggap sebagai salah satu pembina Proklim terbaik secara nasional,” ucapnya.

Mas Ipin sapaan Bupati Trenggalek menuturkan, mengulangi apa yang disampaikan Menteri LHK RI, untuk ke depannya Proklim akan menjadi komunitas yang pi iklim dengan pendekatan secara komunitas.

Untuk itu, Mas Ipin meminta agar gelaran Adipura Desa dimodifikasi sedemikian rupa, yakni dengan satu penekanannya ada tidaknya komunitas yang ikut terlibat

“Tadi juga telah di launching logo terbaru Proklim. Nanti berbasis kepada komunita yang pro iklim,” imbuhnya.

Oleh karena itu, lanjut Mas Ipin, hal ini akan menjadi penting, karena KLHK menginginkan satu gerakan civil society, bukan lagi nanti top down dari pemerintah atau aparatur desanya, tapi nanti dinilai dari keaktifan komunitasnya

“Keberhasilan desa-desa ini sebenarnya basisnya adalah sebuah komunitas. Oleh karena itu, nanti dengan Proklim yang di branding baru. Harapannya banyak komunitas aktif menjaga lingkungan di Kabupaten Trenggalek,” tukasnya.

Dia menyampaikan, Pemkab akan memberikan insentif kepada siapapun yang peduli lingkungan. “Akan ada perhatian dari pemerintah,” tutupnya (Adv/sdr)