DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Peringatan HUT ke-78 PGRI dan HGN tahun 2023 di Tulungagung, Ketua PGRI Tulungagung : Momen untuk Evaluasi Diri

Tulungagung, megapos.co.id – Acara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT ke-78 tahun 2023 di Kabupaten Tulungagung berlangsung sangat meriah.

Acara yang digelar di halaman Kantor PGRI, Selasa (28/11/2023) tersebut, dihadiri tamu undangan dari Forkompinda serta dari pengurus PGRI se- Kabupaten Tulungagung dan lebih dari 500 guru yang hadir.

Apel peringatan tersebut, dibuka dengan penampilan tarian Reog Kendang yang dibawakan oleh siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Kampung Dalem, Kabupaten Tulungagung.

Menurut Adi Sutikyo, selaku panitia pelaksana mengatakan, bahwa sebelumnya PGRI Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan beragam lomba dalam memeriahkan acara tersebut yaitu diantaranya lomba Guru Prima , lomba Menyanyi , lomba Bulutangkis dan berbagi lomba lainnya yang berjumlah 55 jenis perlombaan.

“Kegiatan lomba HUT ke-78 PGRI dimulai sejak tanggal 3 November 2023 sampai tanggal 18 November 2023. Tanggal 25 November 2023 merupakan acara puncak dari perayaan HUT Ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2023,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua PGRI Tulungagung, Muhadi, M.Pd kembali mengingatkan terkait dua hal yang kini menjadi tanggung jawab sebagai pendidik, atau guru.

Hal pertama adalah masalah Dinamika era atau jaman, dan kedua, pentingnya pemahaman kurikulum merdeka.

“Dunia pendidikan sekarang ini sudah jauh bergerak maju. Oleh sebab itu, guru harus tidak boleh stagnan, tetapi harus mau menyesuaikan dengan kemajuan tehnologi dan jaman. Ini dibutuhkan update, yang terus menerus,” tuturnya.

Muhadi menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan puncak peringatan HUT ke-78 PGRI dan HGN tahun 2023, dengan mengusung tema “Transformasi Guru Mewujudkan Indonesia Maju”.

“Arti transformasi itu adalah perubahan paradigma guru di era yang terus berubah saat ini,” katanya.

Lebih lanjut Muhadi mengatakan peran guru merupakan hal penting untuk meningkatkan kecerdasan generasi melalui pendidikan

“ Peran guru sangat penting dan mendasar untuk mencerdaskan bangsa , di butuhkan kerja keras dan sinergi semua pihak untuk bisa maju dan berkembang”, imbuhnya.

Dan pada intinya peringatan HGN dan HUT PGRI merupakan momen untuk mengevaluasi diri sehingga peran guru bisa lebih kuat lagi dalam memajukan pendidikan.

“Melalui pendidikan, kita harus bangkit untuk bisa menggapai Indonesia cerdas dan maju,” pungkasnya. (Sdr)