DaerahHead Line NewsMagetanPolitik & Pemerintahan

Antisipasi Terjadi Bencana Alam, Dinas Sosial Magetan Gelar Pembinaan kepada Anggota Tagana dan Pilar-pilar Sosial

Magetan, megapos.co.id – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Magetan menggelar Pembinaan kepada Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Pilar-pilar Sosial, Kamis (14/12/2023).

Kegiatan ini digelar dalam rangka antisipasi menghadapi bencana alam meteorologi di Kabupaten Magetan.

Dwi Cahyo Ari Wibowo, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kabupaten Magetan menjelaskan, pelaksanaan program bertujuan untuk kesiapsiagaan anggota Tagana dan Pilar-pilar Sosial jika terjadi bencana alam di Kabupaten Magetan

“Kegiatan bertujuan memberikan pemahaman dan edukasi kepada anggota Tagana dan Pilar-pilar Sosial tentang kesiapsiagaan bagaimana penanggulangan jika terjadi adanya bencana,” jelas Parminto Budi Utomo, S.Sos, M.AP, Kamis (14/12/2023).

Menurutnya, pembinaan Tagana ini pertama kalinya dilaksanakan, dengan pengenalan dan pemberian edukasi ini mereka akan mendapatkan ilmu berbagai macam jenis bencana baik alam maupun sosial.

Hadir dalam acara ini, perwakilan dari Koramil, perwakilan Polres Magetan dan perwakilan BPBD.

Dikatakannya, di tahun 2023 ini, Dinas Sosial Kabupaten Magetan mendapatkan alokasi anggaran perubahan APBD tahun 2023.

“Semoga, di tahun berikutnya, Pemkab Magetan tetap mengalokasikan dana untuk kegiatan Tagana seperti ini,” terangnya.

Pada kegiatan tersebut, lanjut Parminto, pihaknya melakukan pendampingan bersama tenaga relawan Tagana, karena mereka semuanya mempunyai bekal untuk memberikan pemahaman sekaligus pengenalan terkait apa dan bagaimana yang dilakukan Tagana.

“Diharapkan tahun 2023 mendatang, kegiatan ini akan kita lanjutkan kembali sesuai dengan kemampuan anggaran yang ada,” tutupnya. (Supari)