DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

RSUD Campurdarat dr Karneni Tulungagung Akan Adakan Seminar Kesehatan Gratis Bertema EMERGENCY IN DAILY CLINICAL PRACTICE

Tulungagung, megapos.co.id – Masih dalam rangka rangkaian peringatan hari jadinya yang ke-1, RSUD Campurdarat dr Karneni Kabupaten Tulungagung akan mengadakan seminar gratis pada tanggal 21 Desember 2023 mendatang.

Adapun tempat kegiatan akan digelar di aula RSUD Campurdarat dr Karneni di kecamatan Campurdarat Tulungagung.

Kegiatan ini merupakan kerjasama RSUD Campurdarat dr Karneni, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Tulungagung dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Cabang Tulungagung.

Direktur RSUD Campurdarat dr Karneni, dr Rio Ardona, kepada megapos.co.id, Minggu (17/12/2023) mengatakan, kegiatan ini adalah sebuah upaya, bagaimana tenaga kesehatan dalam bidang tersebut, biar memiliki pemahaman standart, tentang, kegawat ldaruratan.

”Pelayanan kegawatdaruratan, meliputi penanganan kegawatdaruratan pra fasilitas pelayanan kesehatan, intra fasilitas pelayanan kesehatan, dan antar fasilitas pelayanan kesehatan. Fasilitas Pelayanan Kesehatan adalah suatu alat dan/atau tempat yang
digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan, baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif,” terang dr Rio.

Menurutnya, semua itu dilakukan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan/atau masyarakat.

“Masalah penanganan kegawat ?daruratan pra fasilitas pada pelayanan kesehatan, menitik beratkan pada upaya menjaga resusitasi dan stabilisasi dan ini penting sebagai pemahaman dasar,” ungkap dokter muda yang kebetulan juga putra daerah Tulungagung.

Dijelaskannya, dengan pemahaman yang utuh tentang konsep dasar gawat darurat, maka angka kematian dan kecacatan dapat ditekan serendah mungkin.

“Dalam upaya peningkatan mutu fasilitas pelayanan kesehatan yang berorientasi pada keselamatan pasien, maka pemberi layanan kegawatdaruratan harus bersifat professional,” imbuhnya.

Terkait tema seminar, dr Rio, panggilan akrap pimpinan RSUD Campurdarat dr Karneni ini, tema-nya : ” EMERGENCY IN DAILY CLINICAL PRACTICE – Emergency Assistance In Primary Healthcare Facilities And How To Refer? ” yang ditujukan untuk kalangan tenaga medis dan perawat.

Sebagai informasi, untuk kuota pendaftar, terbatas hanya 150 orang anggota IDI dan 150 orang anggota PPNI, tanpa dipungut biaya. Bahkan masih mendapat fasilitas materi (soft file), snack, e-sertifikat SKP IDI & PPNI

Untuk informasi lebih lanjut, segera daftarkan diri. Pendaftaran IDI :https://bit.ly/pendaftaran IDI dan pendaftaran PPNI: https://bit.ly/pendaftaran PPNI.

Sedangkan narahubung yakni dr. Almira +6281385363033, dr. Annisa +6282257763021, Sumsi Dwi +6285234915146, dan Abdul Rozzaq +6285735195523. (SDR)