DaerahHead Line NewsMagetanPolitik & Pemerintahan

Pembangunan Tugu Perbatasan Magetan – Ponorogo, Gambaran Budaya Lokal Magetan

Magetan, megapos.co.id – Pembangunan demi pembangunan sarana prasaranan yang mendukung penataan wilayah di Kabupaten Magetan Jawa Timur terus dilaksanakan hingga akhir tahun 2023 ini.

Selain untuk memberikan warna tersendiri dalam menampilkan kekhasan wilayah, pengembangan dan pembangunan dari beberapa titik yang dilaksanakan juga mempunyai nilai tersendiri pada sudut pandang masyarakat pada umumnya.

Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Perkim pada tahun ini melaksanakan kegiatan pembangunan di beberapa titik seperti gapura kelurahan, taman juga tugu perbatasan wilayah dan lainnya.

Salah satunya adalah pembangunan tugu perbatasan yang telah rampung pengerjaannya di ruas jalan perbatasan Ponorogo -Magetan Kecamatan Parang.

Adapun tujuan dari pembangunan tugu perbatasan tersebut selain agar masyarakat mengetahui batasan wilayah, juga memberikan sekilas gambaran kepada masyarakat akan budaya yang ada.

Hal itu seperti disampaikan Yoyok Djoharianto, Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sarana Utilitas Umun dan Pertanahan Dinas Perkim Kabupaten Magetan dikantornya, Jumat (28/12/2023).

“Ya pada dasarnya tugu perbatasan sangat penting, mengingat bahwa perbatasan wilayah perlu di ketahui oleh masyarakat, baik dari luar maupun masyarakat Kabupaten Magetan sendiri,” kata Yoyok Djoharianto.

Menurutnya, bahwa sisi estetika dan keindahan dari tugu perbatasan juga perlu di perhitungkan dalam pembangunannya, karena hal tersebut yang akan menunjukkan berbagai aspek budaya yang tergambar saat masyarakat melewatinya.

“Untuk tugu perbatasan Magetan – ponorogo yang ada di wilayah Kecamatan Parang memang di konsep lebih ke tugu perbatasan yang lebih njawani (bernuansa khas kerajaan jawa) hal ini akan menggambarkan keindahan dari Kabupaten Magetan sendiri secara sekilas pandang,” katanya.

Jati diri suatu wilayah memang perlu di apresiasi pemerintah, termasuk juga melalui pembangunan yang terkonsep dan bernuansa kewilayahan karena diharapkan baik secara langsung maupun tak langsung bisa memberikan dorongan pada tingkat kesejahteraan dari segala bidang kehidupan masyarakat Magetan. (Pari)