DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Rutin Tiap Bulan, Pemdes Pojok Laksanakan Posyandu Balita

Tulungagung, megapos.co.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Pojok Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung rutin melaksanakan kegiatan Posyandu Balita dengan menghadirkan tenaga medis serta petugas kesehatan dari Puskesmas, Senin (5/2/2024).

Kepala Desa (Kades) Pojok, Ismiati mengatakan, dengan dilaksanakannya kegiatan Posyandu Balita ini, untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami beri perhatian di bidang kesehatan untuk masyarakat kami dengan pelaksanaan Posyandu Balita pada hari ini”, katanya.

Selanjutnya, ia menerangkan, kegiatan Posyandu Balita adalah pelayanan kepada balita dengan melakukan penimbangan agar dapat memantau pertumbuhan dan perkembangan balita, memberikan pelayanan kesehatan anak, pelayanan kesehatan ibu hamil, memberikan makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan serta imunisasi.

“Penimbangan balita dilakukan tiap bulan di Posyandu. Kegiatan ini berguna untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi kemungkinan penyimpangan pertumbuhan balita,” jelasnya.

Kades Ismiati menambahkan, dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan Posyandu baik maka upaya pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula.

“Selain itu juga untuk mencegah bayi yang mengalami stunting yang merupakan salah satu program pokok desa,” tandasnya.,

Diakuinya, kegiatan Posyandu Balita di desanya merupakan upaya memaksimalkan pencegahan, juga kesehatan bayi dan lansia, karena ini menjadi program nasional dan menjadi komitmen pemerintah daerah kemudian disampaikan ke kecamatan dan desa.

“Jadi tidak hanya infrastruktur tetapi juga non infrastruktur, salah satunya Posyandu Balita, lansia yang merupakan program pokok desa untuk mencegah Stunting sehingga tumbuh kembang Balita normal sesuai usianya,” pungkasnya. (Sdr)