DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Bentuk Karakter Siswa-Siswi Religius, SMP Negeri 1 Kedungwaru Wujudkan Program Literasi Religi di Sekolah

Tulungagung, megapos.co.id – Kegiatan peningkatan penguatan literasi semakin gencar digaungkan di sekolah-sekolah.

Dalam upaya mewujudkan karakter peserta didik yang religius, SMP Negeri 1 Kedungwaru Kabupaten Tulungagung melaksanakan program Literasi Religi di halaman sekolah, Jumat (16/2/2024)

Literasi religi yang ada di sekolah mempunyai pengaruh yang sangat penting sebagai penanaman awal karakter bagi peserta didik.

Literasi Religi ini bertujuan untuk mengembangkan potensi bagi peserta didik menuju manusia yang berakhlak baik dan tentunya bisa menghasilkan perilaku yang baik pula.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kedungwaru, Dr Hj Sri Wahyuni MPd mengatakan, bahwa Literasi Religi memang baru digulirkan di awal tahun 2024 ini.

Meski terbilang baru, ia menyebut program Literasi Religi sebagian dari upaya sekolah untuk mewujudkan peserta didik yang reiligius dan berakhlak baik.

“Sebab keberhasilan sebuah pendidikan tidak ditentukan oleh ilmu secara umum, tentunya harus di ikuti pembentukan karakter yang berpondasi pada agama,” terangnya.

Menurut Sri Wahyuni, Literasi Religi merupakan terobosan sekaligus dobrakan bagi layanan pendidikan, yang perlu terus mendapat dukungan untuk perkembangannya.

“Literasi Religi adalah pondasi dasar untuk penguatan spiritualitas pelajar, demi terwujudnya tekat SMP Negeri 1 Kedungwaru atau Arsiduta menuju sekolah religius,” tandasnya.

Dijelaskannya, kegiatan Literasi Religi ini memberikan pesan-pesan berisikan tentang akhlaq yang baiki.

“Dengan adanya literasi religi untuk peserta didik, agar siswa dapat menyimak dan mendengarkan serta dapat melakukannya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

“Kegiatan ini sangat efektif, karena bisa meningkatkan daya ingat peserta didik akan akhlak yang baik dan terpuji,” ungkapnya.

Sri Wahyuni berharap dengan adanya program terobosan literasi religi di sekolah, utamanya di SMP Negeri 1 Kedungwaru bisa lebih menguatkan karakter anak dalam memahami agama beriringan dalam menuntut ilmu di sekolah, sehingga bisa menghasil kan peserta didik yang cerdas dan berakhlaq.

“Melalui Literasi Religi, kami bertekad mengantarkan anak-anak didik supaya lebih cakap memahami ajaran-ajaran agama dan menghasilkan peserta didik yang mempunyai akhlak yang baik,” pungkasnya. (Adv/Sdr)