DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Pimpin Sertijab Kepala SMK Negeri 1 Kertosono, Kacabdindik Jatim Wilayah Nganjuk : Kepala Sekolah Harus Inovatif sebagai Penggerak

Nganjuk, megapos.co.id – Kepala SMK Negeri 1 Kertosono, Kabupaten Nganjuk melaksanakan serah terima jabatan (sertijab) di aula SMK Negeri 1 Kertosono, Senin (19/2/2024).

Sertijab Kepala SMK Negeri 1 Kertosono yang lama Drs Gaguk Wiyono Heru kepada Kepala SMK Negeri 1 Kertosono yang baru Moh Sigit Nuryakin ST MT ini, dipimpin langsung oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdindik) Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Nganjuk, Dra Evi Dwi Widadjanti MPd.

Dalam arahannya, Kacabdindik Jatim Wilayah Nganjuk, Evi Dwi Widadjanti mengatakan bahwa kepala sekolah harus inovatif sebagai penggerak untuk memajukan dan meningkatkan mutu pendidikan.

“Promosi dan mutasi adalah hal biasa yang menjadi kebutuhan, penyegaran dalam organisasi,” terang Evi sapaan akrab Evi Dwi Widadjanti.

Ia mengingatkan, semua guru dan kepala sekolah wajib menerima dengan legowo ditugaskan dimana saja.

Kacabdindik Jatim Wilayah Nganjuk, Evi Dwi Widadjanti dan jajaran foto bersama seluruh undangan Sertijab Kepala SMK Negeri 1 Kertosono

’’Alhamdulillah, Pak Gaguk dan Pak Sigit mendapatkan promosi sebagai kepala sekolah asal Nganjuk mendapatkan tempat bertugas di Nganjuk. Mohon untuk menjalankan tugas dengan maksimal,’’ ungkapnya.

Diakui Evi, bahwa promosi kepala sekolah bukan dilandasi karena like ataupun dislike akan tetapi karena penilaian kinerja.

“Jadi, Pak Gaguk layak untuk dipromosikan sebagai Kepala SMK Negeri 1 Gondang untuk meningkatkan kinerjanya,” tegasnya.

“Begitu juga dengan Pak Sigit, beliau adalah seorang Guru Penggerak yang telah memenuhi syarat dan kualifikasi untuk dipromosikan menjadi kepala sekolah,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Evi juga menekankan beberapa hal kepada seluruh kepala sekolah di Kabupaten Nganjuk untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Diantaranya yang perlu diperhatikan yaitu harus mengetahui situasi dan kondisi antara guru, staf dan warga sekolah.

“Program digitalisasi juga sangat penting, tidak hanya mencakup kurikulum saja, akan tetapi seluruh manajemen skolah,” tandasnya.

Kepala SMK Negeri 1 Kertosono, Drs Gaguk Wiyono Heru beserta istri

 

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Kertosono yang lama, Drs Gaguk Wiyono Heru mengucapkan terima kasih kepada Kacabdindik Jatim Wilayah Nganjuk yang telah membimbing dan memberikan petunjuk terkait arahan kedinasan.

“Alhamdulilah, karena bimbingan dan arahan Ibu Evi (Kacabdindik Jatim Wilayah Nganjuk_red) kami bisa melaksanakan tugas dengan baik untuk membawa sekolah ini menjadi lebih baik,” tukasnya.

Gaguk juga menyampaikan terimakasih kepala dewan guru, staf dan warga sekolah atas segala dukungan yang diberikan selama 7 tahun 10 bulan untuk melaksanakan tugas sebagai Kepala SMK Negeri 1 Kertosono.

“Sudah banyak hal yang sudah kita lakukan bersama dewan guru, saya tidak bisa sendiri. Tentunya dengan support semua warga sekolah,” urainya.

“Alhamdulillah banyak prestasi membanggakan yang sudah di torehkan oleh anak – anak didik kita, yang tentunya hal tersebut tidak terlepas dari peran para guru dan staf pengajar yang telah ikhlas mencurahkan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk memajukan sekolah tercinta SMK Negeri 1 Kertosono,” tandasnya.

Kepala SMK Negeri 1 Kertosono yang baru, Moh Sigit Nuryakin ST MT beserta istr

Di kesempatan yang sama, Kepala SMK Negeri 1 Kertosono yang baru, Moh Sigit Nuryakin mengucapkan terima kasih
kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan dan tugas sebagai Kepala SMK Negeri 1 Kertosono.

“Ini adalah suatu amanah, semoga saya mampu melanjutkan tugas ini dengan baik,” katanya.

Dikatakannya, bahwa amanah ini tidak mungkin bisa terwujud jika tanpa dukungan dan support dari seluruh dewan guru dan warga sekolah.

“Sebelumnya, saya diberi amanah oleh Pak Gaguk sebagai Waka Sarana Prasarana selama 5 tahun,” jelasnya.

Diakuinya, banyak hal yang telah dilakukannya bersama kepala sekolah dan seluruh dewan guru untuk mewujudkan proyek strategis di SMK Negeri 1 Kertosono.

“Pak Gaguk, tidak hanya kepala sekolah bagi kami, akan tetapi senior dan mentor bagi saya pribadi,” tegasnya.

Ia juga berharap, kepada Kacabdindik Jatim Wilayah Nganjuk dan jajaran untuk memberikan petunjuk dan arahan dalam menjalankan tugas ini.

“Saya juga meminta dukungan dari para guru, staf pengajar dan tentunya semua wali murid dalam hal ini orang tua para murid untuk bersama – sama memajukan SMK Negeri 1 Kertosono ini,” tukasnya.

Reporter : Jumiati