DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Pemdes Bangunjaya Salurkan Bantuan Pangan Cadangan Beras kepada 304 KPM

Tulungagung, megapos.co.id -Pemerintah Desa ( Pemdes) Bangunjaya, Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung telah menyalurkan Bantuan Pangan Cadangan Beras sebanyak beras 10 kg kepada 304 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penyaluran bantuan tersebut berlangsung di balai desa setempat, Kamis (7/3/2024).

H Jailani, Kepala Desa Bangunjaya menyampaikan, bahwa tujuan dari dilaksanakannya bantuan ini untuk mencukupi kebutuhan masyarakat/KPM yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Penyaluran dilakukan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat, sejumlah 304 K telah menerima hari ini, diharapkan dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga,” katanya.

Lebih lanjut H Jailani menjelaskan, bahwa setiap orang yang mendapatkan sasaran KPM harus membawa foto copy KTP, KK, KTP asli, dan nomor urut yang telah diberikan oleh Pemerintah Desa Bangunjaya.

Sebenarnya ada beberapa kasus terkait salah sasaran KPM. Hal itu menyebabkan bantuan tidak tepat sasaran dan tidak mencapai orang-orang yang benar-benar membutuhkan.

“Salah satu penyebab ketidaktepatan sasaran KPM yaitu pada data, dan perlu kami perbarui secara berkala. Hal ini menyebabkan ada beberapa orang yang tidak berhak menerima bantuan, dan banyak orang yang berhak malah tidak mendapatkannya,” jelasnya.

Dari kegiatan penyaluran bantuan ini, kata H Jailani, pihaknya memiliki harapan besar bahwa bantuan ini bisa merata dan tepat sasaran.

Ia berharap, bantuan beras 10 kg dapat membantu meringankan beban pengeluaran keluarga miskin untuk kebutuhan pangan.

“Bantuan ini juga diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan membantu mereka memenuhi kebutuhan gizi dasar,” tutupnya. (Sdr)