DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Pastikan Kesehatan Lansia, Pemdes Tanjungsari Rutin Laksanakan Posyandu Lansia

Tulungagung, megapos.co.id – Untuk memastikan kesehatan serta mendeteksi dini potensi penyakit pada warga lansia, Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjungsari, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung secara rutin melaksanakan Posyandu Lansia.

Kegiatan Posyandu Lansia hari ini, Jumat (8/3/2024) dilaksanakan di balai desa setempat sekali setiap bulan dengan melayani setidaknya lebih dari 30 lansia.

Kepala Desa Tanjungsari, Balap Santoso mengatakan, Posyandu Lansia bertujuan memeriksa kesehatan dan mendeteksi dini penyakit ataupun potensi penyakit pada lansia.

“Pemeriksaan kesehatan secara rutin setiap satu bulan sekali pada lansia masuk pada program kita mengingat kita sadar pentingnya kesehatan pada tubuh apalagi faktor usia sangat mempengaruhi kesehatan,” kata kades di kantornya.

Lebih lanjut Balap menyampaikan, fasilitas kesehatan dalam Posyandu Lansia, adalah akses kesehatan dasar misalnya timbang badan, pengukuran tinggi badan, cek tensi darah, pengecekan gula darah dan asam urat serta pemberian makanan tambahan.

“keberhasilan kegiatan ditentukan dari seberapa besar manfaat yang dirasakan oleh masyarakat, dan seberapa besar manfaat yang di rasakan itu terukur dari jumlah peserta yang mendapatkan kemanfaatan,” imbuhnya.

Balap berharap, Posyandu Lansia bisa berjalan secara berkala. “agar para lansia bisa menikmati layanan kesehatan secara gratis sehingga kesehatannya bisa terkontrol secara rutin,” pungkasnya. (sdr)