BlitarDaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Bupati Blitar Hadiri Penutupan TMMD di Kecamatan Wonotirto

Blitar, megapos.co.id – Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Rafael Granada Baay menutup pelaksanaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-199 di Desa/Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Rabu (20/3/2024).

Pelaksanaan TMMD di Wonotirto, Kabupaten Blitar berlangsung selama sebulan sejak 20 Februari 2024 sampai 20 Maret 2024.

Upacara penutupan pelaksanaan TMMD dipimpin langsung Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Rafael Granada Baay di lapangan SMPN 1 Wonotirto, Kabupaten Blitar.

Kegiatan itu juga dihadiri Bupati Blitar, Rini Syarifah dan perwakilan pejabat Forkopimda Kabupaten Blitar.

Bupati Blitar dalam sambutannya mengatakan, hari ini, dilakukan penutupan pelaksanaan TMMD ke-199 di Wonotirto, Kabupaten Blitar. Pelaksanaan TMMD ini sudah berlangsung selama satu bulan.

“Dalam pelaksanaan TMMD ini TNI bersama-sama Polri dan pemerintah daerah berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Lewat TMMD, menurut Mak Rini sapaan akrab Bupati Rini, TNI ingin membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan khususnya di daerah tertinggal, terpencil, terisolasi atau desa- desa terdalam.

“Ada dua kegiatan dalam pelaksanaan TMMD, yaitu, kegiatan fisik dan kegiatan non-fisik. Kegiatan fisik berupa pembangunan infrastruktur yang saat ini dilaksanakan di 5 kabupaten di Jatim, salah satunya di Kabupaten Blitar,” ujarnya.

Dikatakannya, pembangunan fisik dalam kegiatan TMMD di Desa/Kecamatan Wonotirto berupa pembangunan talud, perbaikan rumah tidak layak huni, pembangunan tandon air, perbaikan dam, drainase dan rabat jalan.

“Kami bekerjasama dengan pemerintah daerah membangun infrastruktur masyarakat desa,” katanya.

Sedang untuk kegiatan non-fisik, yaitu kegiatan sosialisasi yang dilakukan bersama teman-teman Polri dan OPD di lingkungan Pemkab Blitar kepada masyarkat.

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan, antara lain soal bahaya narkoba dan soal aturan hukum. Dari Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar memberikan sosialisasi bidang kesehatan kepada masyarakat.

“Makanya, di sini bisa dilihat ada Polri, TNI baik dari Marinir dan Paskhas, bahkan dari unsur masyarakat juga ikut bergabung dalam kegiatan ini,” imbuhnya

Bupati Blitar mengapresiasi pelaksanaan TMMD ke-199 di Desa/Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar.

Mak Rini berharap, ke depan, pelaksanaan TMMD bisa digelar lagi di desa lain di Kabupaten Blitar.

Mak Rini juga berpesan kepada warga agar merawat bangunan yang telah dibangun dalam kegiatan TMMD.

“Kepada TNI, kami mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan TMMD di Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Saya juga berpesan kepada warga agar merawat bangunan yang telah dibangun lewat TMMD,” katanya.( Adv /Ayu)