DaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

DD Tahun 2024, Pemdes Ketawang Bangun Pengerasan Jalan Makam

Madiun, megapos.co.id – Program pembangunan di Desa Ketawang, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun terus dibangun oleh Pemerintah Desa setempat. Kali ini, proyek pengerasan jalan makan sepanjang 83 meter mulai dibangun.

Pembangunan yang dipusatkan di RW 03 RT 01 ini, dibiayai dari Dana Desa (DD) tahun 2024. Warga menyambut bahagia program pengerasan jalan makam tersebut.

Bukan tanpa alasan, selama ini jalan menuju tempat makam yang ada di wilayah mereka memang selama ini kurang memadai dan tidak nyaman untuk dilewati kendaraan maupun pelayat.

Kepala Desa (Kades) Ketawang, Mashuri mengatakan, dengan adanya pembangunan ini diharapkan memperlancar masyarakat menuju area pemakaman, serta dapat menunjang mobilisasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebab, di area tersebut juga terdapat kebun masyarakat desa.

“Anggaran proyek pengerasan jalan makam ini sebesar Rp. 25.946.500,- dengan panjang 83 meter. Pekerjaan ini dilaksanakan dengan sistem swakelola atau kelompok masyarakat,” terangnya.

Mashuri mengatakan, untuk tahun 20243, penggunaan DD semuanya dikerjakan dengan melibatkan warga setempat. Dengan begitu, warga merasa memiliki Jalan dan membuatnya dengan semangat dan penuh gembira.

“Kita berharap dengan dibangunnya jalan menuju makam tersebut, agar semua warga masyarakat dapat menjaga infrastruktur yang sudah dibangun, sehingga dapat bermanfaat untuk mereka yang membutuhkan,” jelasnya.

Dikatakannya, DD yang akan dialokasikan untuk kegiatan-kegiatan yang telah dirancang melalui APBDesa Ketawang dapat dijalankan dengan baik oleh pemerintah desa bersama dengan lembaga desa serta peran aktif masyarakat. Tentu muaranya adalah untuk meningkatkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Salah satu masyarakat, Agus, menyambut baik pembangunan jalan menuju area pemakaman dan perkebunan masyarakat tersebut. Menurut dia, selama ini masyarakat menempuh jalan tersebut ketika mengantar jenazah agak kesulitan, apalagi waktu musim hujan. Dengan adanya pembangunan jalan ini masyarakat tidak sulit lagi menuju area Pemakaman.

“Tentu saja kami sangat gembira jalan ini dibangun oleh Pemdes Ketapang. Ini merupakan bentuk perhatian bagi kami, karena jalan ini sangat penting,” ungkap Agus.

Pihaknya berharap dengan dibangunnya jalan area pemakaman ini, akses perekonomian masyarakat desa juga semakin mudah dan bisa membawa kemajuan perekonomian desa.

Ke depan, Pemdes Ketapang diharapkan terus berupaya melakukan pembangunan atau pembenahan infrastruktur jalan, sesuai aspirasi masyarakat dan hasil musyawarah desa.

“Tugas kita bersama adalah saling menjaga dan merawat fasilitas umum yang sudah dibangun,” tandasnya.(Adv/Pras)