BlitarDaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Kabupaten Blitar Pemenang PPD Tahun 2024 dengan Perencanaan dan Pencapaian Terbaik

Blitar, megapos.co.id – Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) merupakan salah satu bentuk evaluasi pembangunan daerah yang dilakukan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas).

Tujuan pemberian penghargaan dimaksudkan untuk memberi apresiasi kepada pemerintah daerah yang menunjukkan prestasi terbaik dalam penyusunan rencana, pelaksanaan, pencapaian, dan inovasi pembangunan di daerah.

Penilaian dilakukan secara berjenjang, yaitu dilakukan penilaian di tingkat provinsi, selanjutnya terpilih 2 (dua) perwakilan, masing-masing satu kabupaten dan kota untuk mengikuti penilaian di tingkat Nasional.

Tahapan Penilaian PPD Kabupaten/Kota di Provinsi Tahun 2024 dilaksanakan melalui 2 (dua) tahap penilaian, yaitu Tahap-I Penilaian Dokumen Perencanaan dan Inovasi dan Tahap-II Verifikasi dan Presentasi.

Penilaian Tahap I dilakukan pada 17-22 Januari 2024, dimana kabupaten/kota menyampaikan dokumen-dokumen perencanaannya, baik perencanaan tahunan (RKPD 2022-2024), jangka menengah (RPJMD), dan jangka panjang (RPJPD); dokumen APBD TA 2022-2024 dan realisasi APBD TA 2022-2023; pengisian kuesioner Informasi Pembangunan Daerah dan kuesioner penyelenggaraan Satu Data Indonesia; serta penyampaian dokumen Inovasi Daerah yang mendukung Tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2024 yaitu “Mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

Dalam penilaian tahun ini, Kabupaten Blitar mengangkat inovasi “UM Berdasi” atau Usaha Mikro Berdaya Saing dan Berprestasi.

Inovasi yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Blitar ini berfokus pada upaya peningkatan kompetensi/ketrampilan produksi pelaku usaha dan penguatan kemampuan manajerial pelaku usaha melalui pendampingan intensif, sehingga diharapkan pelaku usaha memiliki kapasitas yang memadai, usahanya memiliki daya saing dan berkembang, serta mampu berperan dalam perekonomian maupun penciptaan lapangan kerja.

Dari hasil penilaian terhadap dokumen perencanaan dan inovasi, Kabupaten Blitar bersama dengan 5 kabupaten (Banyuwangi, Sidoarjo, Jember, Pamekasan, dan Sumenep) dan 4 kota (Kota Blitar, Kota Mojokerto, Kota Surabaya, dan Kota Malang) di Jawa Timur dinyatakan lolos penilaian Tahap I, dan selanjutnya berkesempatan mengikuti penilaian tahap II yaitu Verifikasi Dokumen dan Wawancara yang dilaksanakan pada 01 Februari 2024 bertempat di BAPPEDA Provinsi Jawa Timur.

Pada Penilaian PPD 2024 tahap II ini, terdapat 4 aspek yang dinilai, yaitu Aspek Pencapaian Pembangunan, Aspek Kualitas Dokumen RKPD, Proses Penyusunan Dokumen RKPD, dan Aspek Inovasi.

Dalam penilaian tahap II ini, Bupati Blitar, Hj Rini Syarifah memimpin langsung Tim Presenter Kabupaten Blitar, yang terdiri dari Kepala Bappedalitbang, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, serta Hendri Cristiawan selaku salah satu mentor program UM Berdasi.

Di hadapan jajaran tim penilai, baik Tim Penilai Independen dan Tim Penilai Utama yang terdiri dari unsur para Pejabat di Lingkungan BAPPEDA Provinsi Jawa Timur dan para akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Timur, Bupati Blitar dan Kepala Bappedalitbang memaparkan capaian pembangunan Kabupaten Blitar termasuk prestasi yang diukir selama Tahun 2023, proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah yang melibatkan masyarakat, dan inovasi yang diajukan.

Kabupaten Blitar telah meraih banyak pencapaian indicator makro daerah, diantaranya keberhasilan menurunkan angka kemiskinan hingga ke level 8,69 persen yang merupakan angka kemiskinan terendah selama 20 tahun terakhir dan menurunnya tingkat pengangguran terbuka dari 5,45 persen ke 4,91 persen.

Dari hasil penilaian tahap II tersebut, berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 100.3.3.1/100/KPTS/013/2024 tentang Pemenang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Kabupaten/Kota Tahun 2024, ditetapkan Pemenang PPD Tahun 2024 dengan Perencanaan dan Pencapaian Terbaik

Penganugerahan Perencanaan Kabupaten/Kota Terbaik Tahun 2024 ini, diagendakan dalam Musrenbang RKPD Provinsi Jawa Timur Tahun 2025 dan RPJPD Provinsi Jawa Timur 2025-2045 yang digelar pada hari Rabu, 3 April 2024 di Hotel Shangri-La, Surabaya.

Bupati Blitar menerima penghargaan tersebut yang diserahkan langsung oleh Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, A.Ks., M.A.P.

Raihan Peringkat III PPD 2024 ini merupakan yang perdana bagi Kabupaten Blitar sejak Anugerah PPD digelar.

Bupati Blitar atas nama Pemerintah Kabupaten Blitar bersyukur dan menyampaikan terima kasih atas apresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur terhadap upaya Kabupaten Blitar dalam mewujudkan pembangunan daerah yang selaras, efektif dan efisien melalui perencanaan pembangunan yang berkualitas dalam Ajang Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2024.

“Penghargaan ini tentu menjadi motivasi bagi seluruh unsur penyelenggara Pemerintah Kabupaten Blitar untuk menyusun perencanaan dengan baik dan melaksanakannya dengan baik pula, yaitu efektif, efisien, dapat dipertanggungjawabkan, dan membawa kemanfaatan serta kesejahteraan bagi masyarakat,” tandas Bupati 

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Blitar, Drs. Rully Wahyu Prasetyowanto, ME, berterima kasih atas keterlibatan berbagai pemangku kepentingan, baik unsur DPRD, perangkat daerah, kelompok masyarakat, akademisi, dan lain-lain, yang telah berperan sesuai tugas dan porsi masing-masing dalam penyusunan perencanaan tahun 2024.

Ia berharap ke depan, dengan sinergi yang semakin baik, kesejahteraan dan kemajuan Kabupaten Blitar dapat segera terwujud melalui perencanaan yang tepat dan berkualitas. (Adv/Ayu )