DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanSurabaya

Musrenbang RKPD 2025 Provinsi Jatim, Pj Bupati Handoko Komitmen Sinkronisasi Pembangunan Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jatim hingga Nasional

Surabaya, megapos.co.id – Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna didampingi Plt Kepala Bappeda Adam Muharto menghadiri Musrenbang Provinsi Jawa Timur Tahun 2025 di Shangri-La Hotel, Surabaya, Rabu (3/4/2024).

Pemerintah Provinsi Jawa Timur masih berkonsentrasi untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045.

Hal itu diungkapkan Penjabat Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, AKS, M.AP di dalam kegiatan Musrenbang dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 dan RPJPD Provinsi Jatim Tahun 2025-2045.

“Kita masih konsentrasi bagaimana meningkatkan SDM, tapi untuk kemajuan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur,” jelas Pj Gubernur.

‚ÄúPemprov Jatim juga masih berkutat bagaimana mempercepat proses pengurangan kemiskinan, dimana saat ini masih di atas dua digit, sehingga diupayakan untuk mempercepat penurunannya pada tahun 2024 ini. Dan akhirnya di tahun 2025 kita tetapkan untuk sampai 2030 di bawah dua digit, di bawah 9 koma,” tambah Pj Gubernur.

Banyak narasumber berkompenten dihadirkan dalam Musrenbang kali ini, diantaranya Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si, Anik Maslachah, S.Pd, M.Si (Wakil Ketua DPRD Prov. Jatim), Amalia Adininggar Widyasanti (Deputi Bidang Ekonomi Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional).

Kemudian Komjen Pol. Drs. Tomsi Tohir, M.Si (Inspektur Jenderal Kementrian Dalam Negeri RI) dan Dr. Luki Alfirman, ST, MA, ( Dirjen Perimbangan Keuangan Kementrian Keuangan RI), dan mantan Wakil Gubernur Emil Elistianto Dardak, B.Bus., M.Sc., Ph.D ikut hadir memberikan sambutan dan saran.

Dalam acara yang dihadiri banyak tokoh Jawa Timur ini , Menpan-RB mendorong adanya digital goverment atau pemerintahan yang berbasis digital sebagaimana yang telah diterapkan di negara-negara tetangga di Asia.

Saat jeda acara Musrenbang RKPD 2025 ini, Pj Bupati Nganjuk mengkonfirmasi tentang komitmen untuk mengakomodir kearifan lokal dan terus bersinergi, melakukan sinkronisasi arah pembangunan Kabupaten Nganjuk dengan Provinsi Jawa Timur agar sesuai dengan arah pembangunan nasional yang inklusif, sejahtera dan berkelanjutan. (**)

(*)