DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Jelang Lebaran, 46 KPM Desa Tanjungsari Terima BLT Tahap II

Tulungagung, megapos.co.id –  Sejumlah 46 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Tanjungsari, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, kembali menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap kedua tahun 2024.

Program pemerintah ini dirancang untuk meningkatkan kesejahteraan warga yang kurang mampu.

Penyaluran BLT DD dilakukan di balai desa pada hari Kamis (4/4), di bawah pengawasan PAW Kepala Desa (Kades) Tanjungsari Sanindra Bayu Pradana dan beberapa perangkat serta Babinsa desa setempat. Selama proses penyaluran, para KPM difoto sebagai bagian dari dokumentasi untuk Surat Pertanggungjawaban (SPJ).

Sanindra menjelaskan bahwa pemerintah desa telah melakukan seleksi penerima BLT DD sesuai dengan regulasi yang berlaku. Penerima BLT DD ditetapkan melalui Musyawarah Desa Khusus yang melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), ketua RT, RW, dan tokoh masyarakat, yang akhirnya menyepakati 46 KPM yang memenuhi kriteria dan ketentuan.

Setiap KPM berhak menerima BLT DD sebesar Rp 300.000,00 setiap bulan selama satu tahun. Namun, berdasarkan arahan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tulungagung, bantuan tersebut disalurkan setiap triwulan. Sehingga, setiap KPM menerima uang tunai sejumlah Rp 900.000,00 setiap kali penyaluran, yang mencakup tiga bulan ataupun tribulan.

Menjelang hari raya Idul Fitri, Pemerintah Desa Tanjungsari menyalurkan BLT DD tahap kedua untuk bulan April, Mei, dan Juni. “Penyaluran yang bertepatan menjelang Lebaran ini diharapkan dapat membantu meringankan kebutuhan warga dalam berlebaran” ujarnya.

Sanindra berharap agar bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh penerima, terutama untuk kebutuhan sehari-hari menjelang Lebaran, yang biasanya memerlukan banyak pengeluaran. “Alhamdulillah, bantuan ini sudah dicairkan tepat waktu untuk Lebaran,” pungkasnya. (Sdr)