DaerahHead Line NewsPendidikanTulungagung

Tingkatkan Keimanan, SMPN 1 Campurdarat Tulungagung Gelar Pondok Ramadan 1445 H

Tulungagung, megapos.co.id – SMPN 1 Campurdarat Kabupaten Tulungagung menggelar kegiatan pondok Ramadan yang dilaksanakan selama 4 hari, tepatnya dimulai 1 – 4 April 2024.

Kepala SMPN 1 Campurdarat Tulungagung, Drs H Zaenal Komarudin MPd mengatakan, bahwasanya kegiatan keagamaan pada bulan ramadhan ini merupakan rutinitas yang dilakukan setiap tahunnya, hal ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan, menanamkan pemahaman guna memperbanyak ibadah di bulan Ramadan 1445 H tahun ini.

“Merupakan kegiatan rutin tiap tahun, dan saya pesan kepada seluruh siswa yang mengikuti kegiatan pondok Ramadan agar dapat memanfaatkan waktu dalam bulan Ramadan ini untuk melakukan kegiatan sebaik mungkin dan bermanfaat,” terangnya, Jumat(5/4) di sekolah.

Lebih lanjut H.Zaenal mengatakan, selama 4 hari tersebut siswa-siswi akan mendapatkan kajian tentang puasa, zakat, thaharoh atau bersuci dan merawat jenazah (mengkafani mensalati dan mengubur).

Selama pelaksanakan kegiatan berlangsung, acara dipandu oleh guru-guru agama dari sekolah tersebut dan ustadz dari pondok pesantren Mlaten, Kauman Tulungagung.

”Pondok Ramadhan ini diisi oleh bapak ibu guru SMPN 1 Campurdarat, itu mulai pendalaman materi mengenai, puasa, aakat, thoharoh atau bersuci serta pendalaman mengenai merawat jenazah mulai dari mengkafani, mensalati dan mengubur,” ujarnya.

Pada kegiatan ini juga dipaparkan tentang zakat fitrah, zakat itu berapa, dan diberikan kepada siapa, juga untuk beramal, infaq.

“Itu intinya adalah dalam upaya untuk meningkatkan iman dan taqwa siswa-siswi kami di kegiatan Pondok Ramadhan 1445 H tahun ini,” tutupnya. (Sdr)