DaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Banmus DPRD Trenggalek Bahas Jadwal Rapat Penyampaian RPJPD Bupati

Trenggalek, megapos.co.id – Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Trenggalek hari ini mengadakan rapat untuk menjadwalkan agenda di bulan Mei.

Dalam rapat ada agenda prioritas, yakni pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Pajang Daerah (RPJPD) dari bupati.

Agus Cahyono, Wakil Ketua DPRD Trenggalek usai memimpin rapat mengatakan, yang paling mendesak dalam rapat kali ini adalah agenda tentang rapat untuk proses pembahasan RPJPD bupati.

“Selain itu ada penjadwalan rapat komisi serta rapat pansus untuk membahas RPJPD bupati dimaksud. Hingga dengan proses jadwal kunjungan anggota DPRD,” katanya, Kamis (2/5/2024)

Selanjutnya Agus mengatakan bahwa Banmus bulan Mei, dari hasil rapat mengagendakan nota pengantar oleh bupati atas RPJPD, dan selanjutnya pandangan fraksi hingga pembentukan pansus.

Nanti akan lebih detail tetap berbasis pansus, karena itu nota pengantar yang paling krusial. Untuk kegiatan kunjungan lain di daerah selalu diagendakan, setiap ada waktu luang.

“Untuk rapat komisi kita fleksibel dengan memberi ruang jadwal. Bulan Mei ada rapat komisi karena ada tiga fraksi yang mengikuti bimtek,” imbuhnya nya

Dalam nota pengantar bupati untuk menyampaikan RPJPD nanti, menurut Agus, bukan hanya sebagai sebuah dokumen rencana, melainkan sebagai instrumen strategi yang secara efektif mendukung visi pembangunan jangka panjang daerah.

Juga mengarahkan pembangunan untuk menciptakan visi dan arah pembangunan jangka panjang yang berkelanjutan, memperhatikan pertumbuhan ekonomi, ketimpangan sosial dan pelestarian lingkungan.

“Mengintegrasikan perencanaan jangka panjang di kabupaten konsisten dengan rencana pembangunan jangka panjang nasional,” pungkasnya. (Sdr)