DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Kejuaraan Tarkam Kemenpora Tahun 2024, Pj Bupati Nganjuk : Momentum Lahirkan Bibit Atlet Berprestasi

Nganjuk, megapos.co.id – Kejuaraan Antar Kampung (Tarkam) Kementerian Olahraga (Kemenpora) Tahun 2024 resmi dibuka pada Kamis (16/5/2024), di halaman GOR Bung Karno, Kelurahan Begadung, Kecamatan/ Kabupaten Nganjuk.

Acara dibuka langsung oleh Deputy III Kemenpora Bidang Pembudayaan Olahraga Komjen Pol. (Purn.) Rudy Sufahriadi,
didampingi Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna.

Turut hadir dalam pembukaan acara tersebut,  jajaran Forkopimda Nganjuk , diantarany Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahjono, Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad, Dandim 0810 Nganjuk Letkol Inf Andi Sasmito, Sekdakab Nur Solekan, dan Kepala Dinas Porabudpar Sri Handariningsih.

Dalam kesempatannya, Pj Bupati Nganjuk mengatakan, bahwa Kejuaraan Tarkam Kemenpora Tahun 2024 ini, merupakan  momentum untuk melahirkan bibit-bibit atlet berprestasi.

“Tak dipungkiri, Kabupaten Nganjuk memiliki potensi di bidang olahraga. Terbaru, anak Nganjuk asli Kecamatan Prambon bernama Muhamad Iqbal Syarif, (12 th) kelas 6 SD masuk dalam Timnas U-12 yang akan bertarung di turnamen Gothia Cup di Swedia pada 14-20 Juli mendatang,” terang Pj Bupati Handoko.

Sementara itu, Deputi III Kemenpora Bidang Pembudayaan Olahraga Komjen Pol. (Purn.) Rudy Sufahriadi mengatakan, pihaknya mengapresiasi Kabupaten Nganjuk, yang sudah kedua kalinya menjadi lokasi Kejuaraan Tarkam untuk kedua kalinya.

“Saya sangat terkesan dan sangat gembira berada di Nganjuk. Tadi pagi saya sempatkan berjalan keliling Nganjuk, saya lihat Nganjuk kotanya aman, damai, dan nyaman,” katanya.

Dijelaskannya bahwa tujuan dari Kejuaraan Tarkam ini adalah mendorong partisipasi masyarakat dalam berolahraga dan menjadikan masyarakat dan pelajar menjadi lebih segar dan bugar.

Rudy berharap, kegiatan keolahragaan di daerah dapat terus bergulir sehingga akan mampu melahirkan atlet-atlet berbakat dari daerah yang akan berkiprah di nasional bahkan level internasional.

“Ini wujud kepedulian Bapak Kemenpora kepada kita semua, semoga lebih banyak lagi bibit-bibit unggul,” tambahnya.

Diketahui, rombongan tiba di lokasi acara, langsung disambut oleh kesenian tari dan reog.

Kemudian Deputi III bersama Pj Bupati Nganjuk dan jajaran Forkopimda Nganjuk mengikuti senam bersama para peserta yang terdiri dari pelajar, pelaku olahraga, guru penjas, dan IGTKI sejumlah 1500 peserta dari 20 Kecamatan di Kabupaten Nganjuk.

Sesaat setelah sambutan, Deputy III Kemenpora RI dan Pj Bupati Handoko melepaskan ratusan balon bernuansa merah putih, kemudian diarak di atas Reog Ponorogo untuk memeriahkan acara.

Para peserta Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2024 ini berasal dari 20 kecamatan se-Kabupaten Nganjuk, para pelajar, pelaku olahraga, para guru Penjas se-Kabupaten Nganjuk serta unsur IGTKI.

Kejuaraan Tarkam Kemenpora ini akan dilaksanakan 16 – 18 Mei 2024, dengan mempertandingkan 4 cabor yakni : atletik/lari, badminton, bolla volley dan senam.

Gedung Juang 45 dipilih menjadi venue cabor bolla volley, cabor Badminton diselenggarakan di GOR Bung Tomo, cabor senam diselenggarakn di Gedung Mpu Sindok, dan cabor Atletik di Stadion Anjuk Ladang. (Jt)