DaerahHead Line NewsMalangPendidikan

SMPN 1 Ngronggot Gelar Pelepasan, Diikuti 270 Peserta Didik Kelas IX

Nganjuk, megapos.co.id – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN)  1 Ngronggot, Kabupaten Nganjuk menggelar Pelepasan Peserta Didik Kelas IX tahun pelajaran 2023/2024, Sabtu (25/5/2024) di lapangan SMPN 1 Ngronggot.

Sebanyak 270 siswa siswi kelas IX resmi dilepas untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala SMPN 1 Ngronggot, Warsono, komite sekolah, jajaran dewan guru, staf karyawan, wali murid kelas IX dan siswa siswi kelas IX.

Prosesi sungkeman

Dalam kesempatannya, Kepala SMPN 1 Ngronggot, Warsono SPd MPd mengatakan, bahwa sudah 3 tahun siswa siswi kelas IX telah menimba ilmu di SMPN 1 Ngronggot.

“Tidak terasa sudah 3 tahun berlalu, bapak ibu wali murid menitipkan putra putri panjenengan di sekolah ini sejak 19 Juni  2021,” terangnya.

Warsono berharap calon lulusan SMPN 1 Ngronggot sebanyak 270 siswa siswi bisa lulus 100 persen.

“Pada pengumuman kelulusan 10 Juni 2024 mendatang, semoga anak-anakku semua bisa lulus 100 persen,” harapnya.

Warsono juga mengimbau, usai kelulusan, seluruh peserta didik kelas IX bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, baik itu di SMA, SMK, MA maupun di pondok pesantren.

Suasana Pelepasan Peserta Didik Kelas IX

“Ini kewajiban kita sebagai orang tua untuk selalu mewanti-wanti putra putri kita agar jangan sampai tidak melanjutkan sekolah,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Warsono juga berpesan, agar peserta didik tidak mengulangi kesalahan.

“Kesalahan-kesalahan yang terus diulang-ulang akan membuat kalian menjadi bodoh. Kalau melakukan kesalahan, menjadi kewajiban kita untuk mencari solusi dan harus diperbaiki,” tandasnya.

Warsono juga mengingatkan bahwa awal kesuksesan itu adalah kegagalan.

“Orang yang sukses pasti mengalami kegagalan. Ketika kita merasa gagal maka jangan putus asa,” pesannya.

Selain itu, kata Warsono, kunci kesuksesan adalah jujur, bertanggung jawab dan semangat.

“Maka dari itu, jadilah anak yang cerdas yang meliliki semangat untuk meraih cita-cita di masa depan,” tutupnya

Diketahui, saat acara pelaksanaan pelepasan ini, SMPN 1 Ngronggot juga memberikan buku tulis 1 paket berisi 9 buku kepada masing-masing peserta didik kelas IX.

Buku ini merupakan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan yang direalisasikan melalui bantuan dari APBD Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk tahun anggaran 2024.

Adapun inisiator bantuan buku tulis tersebut, adalah mantan Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi

Tidak hanya kelas IX, bantuan buku tulis ini, rencananya juga akan dibagikan kepada peserta didik Kelas VII dan VIII saat pembagian rapor kenaikan kelas pada 22 Juni 2024 mendatang. (Jt/nur)