BlitarDaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Bimtek dan Pelepasan Petugas Pantau Kesehatan dan Pemotongan Hewan Kurban

Blitar, megapos.co.id – Dalam rangka persiapan perayaan Idul Adha atau Hari Raya Kurban 1445 H / 2024 M, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis dan Pelepasan Petugas Pemantau Kesehatan dan Pemotongan Hewan Kurban di Pendoo Ronggo Hadinegoro, Rabu (29/5/2024).

Bupati Blitar, Hj Rini Syarifah mengatakan, bahwa pada tahun 2022 yang lalu, ternak di Kabupaten Blitar pernah mengalami Penyakit Hewan Mulut dan Kuku (PMK) dan Penyakit Kulit Berbenjol (Lumpy Skin Disease/LSD).

“Sampai saat ini, kita tetap melakukan upaya pengendalian dan pemberantasan penyakit tersebut,” terang Bupati Rini.

Terkait hal ini, menurut Bupati, sangat membutuhkan pendampingan petugas ternak dalam pemeriksaan kesehatan hewan, apalagi menjelang hari raya Idul Adha.

“Petugas ternak ini memitigasi resiko penyebaran penyakit termasuk di tempat pemotongan hewan kurban di luar Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH-R),” urainya.

Tujuannya, kata Bupati Rini, memberikan jaminan penyediaan produk asal hewan yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

“Pada kesempatan ini, kita melepas petugas pemantau kesehatan dan pemotongan hewan kurban sekaligus melaksanakan Bimbingan Teknis dimana materinya sebagai bekal para petugas pemantau hewan untuk menjalankan tugasnya,” bebernya¬†

Bupati Rini berpesan, kepada petugas pemantau kesehatan dan pemotongan hewan kurban agar bisa memberikan rasa aman kepada masyarakat, bahwa hewan yang akan dikurbankan adalah hewan sehat dan layak serta produknya aman, sehat, utuh dan halal (ASUH) untuk dikonsumsi.

“Lakukan pemantauan dan pendampingan dengan sebaik-baiknya. Apabila di lapangan terdapat berbagai kendala, tolong diselesaikan dengan cara- cara yang profesional, efektif, tepat, terukur, proporsional dan pendekatan yang humanis,” harapnya.

“Dengan mengucapkan Bismillahirohmanirohim, 273 personal petugas pemantau kesehatan dan pemotongan hewan kurban 1445 H/ 2024 M secara resmi kami lepas,” tandasnya.

“Selamat bekerja, semoga aktivitas saudara-saudara diberikan kelancaran oleh Allah SWT. Tetap sehat dan semangat, jaga nama baik Pemerintah Kabupaten Blitar, sehingga pelaksanaan Hari Raya Idul Adha di Kabupaten Blitar berjalan khidmad, sehat dan aman. Dan tolong ikuti kegiatan Bimbingan teknis ini secara serius sebagai bekal panjenengan supaya lancar dan aman dalam menunaikan tugas,” ungkap Bupati Blitar. (Adv/ Ayu)