BlitarDaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Pentasyarufan oleh Baznas Kabupaten Blitar

Blitar, megapos.co.id – Pentasyarufan oleh Baznas Kabupaten Blitar bersama Bupati Blitar bertempat di ruang rapat Candi Penataran lantai 3 Pemkab Blitar, Kamis (30/5/2024).

Wakil Ketua III Baznas Kabupaten Blitar, Ahmad Lazim,SE. MM dalam kesempatan itu, berharap, semakin banyak muzaki-muzaki yang menyalurkan zakat, Infak dan sodaqoh (ZIS) melalui Vaznas Kabupaten Blitar.

“Sehingga lembaga penyalur zakat kebanggaan kita ini semakin produktif, profesional dalam menjalankan visinya yakni sebagai lembaga yang menyejahterakan umat. Karena kehadiran Baznas benar-benar sangat membantu program/kegiatan pemerintah. Misalnya di bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan masyarakat dan masalah social lainnya,” terangnya.

“Saya juga berpesan kembali kepada Baznas untuk terus mensosialisasikan tata cara menyalurkan ZIS nya melalui Baznas itu seperti apa. Jadi literasi ZIS perlu dioptimalkan. Supaya masyarakat dapat mengakses kanal pembayaran ZIS,” urainya 

Bupati Blitar, Hj Rini Syarifah dalam sambutannya berpesan agar tetap semangat, disiplin dalam menunaikan tugas dan tanggungjawab.

“Mengingat zamannya serba digital, sehingga penyaluran zakat pun harus menggunakan teknologi informasi digital. Bapak Wakil Presiden, KH. Ma’aruf Amin pernah menyampaikan bahwa yang pertama Baznas harus merumuskan beragam gagasan dan terjemahan dalam inovasi-inovasi baru pengelolaan dana sosial syariah, terutama ZIS dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya, agar mampu menjadi bagian dari alternatif solusi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penghapusan kemiskinan ekstrem di Indonesia,” tuturnya.

Yang kedua, kata Bupati Rini, supaya BAZNAS mengintensifkan sinergi dan kolaborasi antara antara pemerintah daerah, perguruan tinggi, dunia usaha dan industri serta sektor-sektor potensial, serta pemangku kepentingan terkait.

“Dan yang ketiga agar meningkatkan pemanfaatan teknologi digital secara terintegrasi sehingga pengumpulan, penyaluran, serta pengelolaan ZIS dan dana sosial keagamaan lainnya mencapai hasil yang semakin optimal,” tandasnya. (Adv/ Ayu)