DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Lepas 284 Peserta Didik Kelas IX, Kepala SMPN 2 Tanjunganom Berharap Lulusan  Jaga Akhlaq Mulia

Nganjuk, megapos.co.id – Lulusan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk
diharapkan tetap menjaga akhlak mulia yang telah didapatkan selama tiga tahun di bangku sekolah.

Harapan tersebut disampaikan Kepala SMPN 2 Tanjunganom, Bambang Nurhaji saat memberikan sambutan dalam acara Purnawiyata Peserta Didik Kelas IX tahun ajaran 2023/2024, Rabu (5/6/2024) di lapangan SMPN 2 Tanjunganom.

“Untuk mendapatkan keberkahan ilmu, maka kalian harus menjaga akhlaq yang mulia, hormati ayah dan ibu di mana pun kalian nanti bersekolah,”  Bambang.

Prosesi pelepasan

Bambang juga berpesan, agar orang tua tetap membekali putra putrinya dengan akhlaq yang baik.

“Ini penting, karena sepintar apapun seorang anak, jika tidak dibekali dengan akhlaq yang baik dan terpuji, maka hidupnya tidak akan bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain,” tukas Bambang.

Dalam kesempatan itu, Bambang juga mengucapkan terimakasih kepada orang tua atau wali murid yang sudah memberikan kepercayaan putra putrinya untuk menimba ilmu di SMP Negeri 2 Tanjunganom hingga di penghujung pendidikan.

“Terimakasih kami sampaikan atas kepercayaan bapak dan ibu orang tua kelas IX selama 3 tahun ini,” terangnya.

Menurut Bambang, pihaknya juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama memberikan pelayanan pendidikan ada perlakuan dari sekolah yang kurang maksimal.

Bambang berharap, setelah lulus, sebanyak 284 siswa siswi kelas IX ini agar tidak putus sekolah dan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, baik SMA, SMK, MA atau sederajat.

“Sebentar lagi, kalian akan meninggalkan sekolah dan ini menjadi langkah awal menuju masa depan. Anak-anak harus punya mimpi dan cita-cita untuk meraih masa depan yang lebih cerah,” tegasnya.

Sementara itu, tokoh pendidikan yang juga mantan Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi berkesempatan memberikan motivasi dan inspirasi untuk meraih kesuksesan.

Menurut Kang Marhaen sapaan karib Marhaen Djumadi, bahwa jika ingin menjadi orang sukses ada tiga kunci utama. 

“Pertama, kunci untuk meraih kesuksesan adalah semangat. Sebagai generasi muda, ketika mengerjakan apapun harus tetap semangat,” terang Kang Marhaen.

Kedua, kata Kang Marhaen, untuk kunci kedua agar sukses adalah memuliakan orang tua. Karena doa dan dukungan orang tua yang akan membuat kita sukses.

“Jangan sampai kita berani atau membantah perintah orang tua jika ingin sukses,” ingatnya.

Sedangkan, kunci sukses ketiga, lanjut Kang Marhaen, adalah bermental juara.

“Saya berpesan agar anak-anakku semua tidak mudah putus asa. Kemudian tidak mudah mengeluh, dan tetap berpikir positif,” tandasnya.

Diketahui, selain mantan Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi dan Kepala SMPN 2 Tanjunganom, Bambang Nurhaji, acara tersebut, juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Sopingi, Forkopimcam Tanjunganom, komite sekolah, dewan guru, staf, siswa siswi dan orangtua kelas IX. (Jt/nur)