DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Buka Dua Pelatihan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Pj Bupati Dorong Penguatan Pengawasan Koperasi dan Pengembangan Potensi Batik Ecoprint

Nganjuk, megapos.co.id – Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna membuka  Pelatihan Pengawas Koperasi Kabupaten Nganjuk, Rabu (12/6/2024) di Balai Latihan Kerja (BLK) kelurahan, Kecamatan/ Kabupaten Nganjuk.

Di hari yang sama, Pj Bupati Handoko juga membuka Pelatihan Batik Ecoprint di Pendopo Kecamatan Kertosono.

Penyelenggaran kedua kegiatan tersebut, dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Nganjuk.

Adapun pemateri kegiatan tersebut, yaitu Lembaga Pendidikan Koperasi (Lapenkop) Provinsi Jawa Timur.

Dalam kesempatannya, Pj Bupati Handoko mengatakan, pengawas koperasi merupakan ujung tombak atau eksistensi sebuah koperasi.

“Karena dengan pengetahuan, para pengawas mampu menjaga jalannya koperasi sesuai tujuan anggotanya,” terangnya.

Dalam dua hari para pengawas koperasi ini, akan diberikan pelatihan materi akuntansi dari Lapenkop. Ada 913 koperasi dan 67 KSP yang saat ini masih eksis di Kabupaten Nganjuk.

“Pelatihan pengawas koperasi ini adalah ikhtiar kita semua, untuk menjaga koperasi dan mengembangkan perekonomian di Kabupaten Nganjuk,” terang Pj Bupati Handoko.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Nganjuk tahun 2023 di angka 5,40 lebih tinggi di tingkat nasional yang 5,04 bahkan di Jawa Timur di angka 4,9.

“Jadi pertumbuhan ekonomi yang baik akan menjadi modal. Kita punya produk-produk pertanian yang luar biasa, ini potensi koperasi kita,” urainya.

Sementara itu, terkait potensi pelatihan batik ecoprint di pendopo Kecamatab Kertosono juga bentuk komunikasi dan kolaborasi yang positif.

“Sudah berulang kali Kabupaten Nganjuk ikut pameran yang di dalamnya ada batik ecoprint. Mari dari jalinan komunikasi ini, kita berbuat dari hal kecil dahulu,” katanya.

“Semoga dua pelatihan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro banyak memberi manfaat untuk masyarakat Kabupaten Nganjuk,” harapnya.

Sebagai informasi, banyak keunggulan batik ecoprint. Dengan mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya, kain ecoprint membantu menjaga kualitas air dan mengurangi polusi lingkungan.

Kain ecoprint menghasilkan keindahan yang unik. Proses ecoprint menghasilkan motif dan pola yang unik dan organik, dan harga jual yang sangat kompetitif di pasar. (**)