DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung Kembali Gelar Gerakan Pangan Murah di Wilayah Kecamatan Gondang

Tulungagung, megapos.co.id – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) dalam rangka stabilisasi pasokan dan garga pangan di wilayah Kecamatan Gondang tepatnya di halaman depan Kantor Kecamatan Gondang, Selasa (23/7/2024).

Kepala Dinas Ketahan Pangan Kabupaten Tulungagung, Agus Suswantoro S.Sos, M.Si dalam sambutannya mengatakan, tujuan GPM dalam rangka menjaga Stabilitas Pasokan dan harga Pangan (SPHP).

GPM sebagai antisipasi, mitigasi, dan penanggulangan kekurangan pangan yang dapat berdampak pada krisis pangan dan gizi, pengendalian inflasi, serta perlindungan produsen dan konsumen dari fluktuasi harga pangan.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan GPM adalah untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan serta mendukung pengendalian inflasi di Kabupaten Tulungagung,” katanya.

Sedangkan komoditas yang dijual pada kegiatan GPM tersebut bervariatif sesuai dengan kebutuhan harian masyarakat.

“Kita sediakan aneka kebutuhan pokok masyarakat antara lain, beras, bawang putih, bawang merah, aneka cabe, telur ayam ras, daging ayam ras, daging sapi, minyak goreng, sayur mayur, gula konsumsi, terigu dan lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Agus Suswantoro mengatakan, semua harga bahan pokok di bawah harga pasar. Karena itu, masyarakat Kabupaten Tulungagung bisa langsung memanfaatkan Gerakan Pangan Murah.

“Tentunya harga pangan di sini lebih murah di bawah harga pasar, alhamdulillah bisa di lihat di sini banyak masyarakat yang berdatangan untuk berbelanja bahan pokok, karena memang kegiatan seperti ini sangat membantu untuk masyarakat khususnya Kabupaten Tulungagung,” tuturnya.

Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Hari Pujianto,SP, M.Agr di tempat yang sama mengatakan kegiatan GPM di kabupaten Tulungagung akan diadakan di 21 titik tahun ini.

“Dengan menggandeng binaan 5 OPD lain di Tulungagung kami akan mengoptimalkan kegiatan ini, dan kegiatan di wilayah Kecamatan Gondang ini merupakan kegiatan yang ke 9 kalinya,” ungkapnya.

Menurut dia, GPM sangat membantu masyarakat agar dapat memperoleh bahan pangan dengan harga yang terjangkau di bawah harga pasar, serta menjaga ketersediaan pasokan dan harga pangan guna menekan inflasi di Kabupaten Tulungagung.

“Mudah-mudahan ini bisa membantu masyarakat dalam rangka pemenuhan sembako untuk hari ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Nisa sebagai pembeli bahan pokok mengatakan, dengan adanya GPM ini sangat membantu masyarakat di karenakan harganya yang di bawah harga pasar.

“Ini benar-benar sangat membantu masyarakat, mengingat harganya yang murah,” tuturnya.

Sebagai informasi, adapun harga komoditas bahan pokok yaitu, Beras SPHP 11.400/kg,Beras Segar 12.500/kg, Minyak Kita 14.000/L, Aneka sayuran 5.000/kg,gula pasir 15.000/kg, cabai rawit 55.000/kg, cabai keriting 25.000/kg, cabai besar 25.000/kg, Telur 24.000 /Kg, Bawang merah 18.000/kg, bawang putih 32.000 dan beberapa jenis ikan segar. (Sdr)