DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Lebaran Yatim, Baznas Nganjuk Bagikan Kunci Rumah, Gerobak Usaha Hingga Premi BPJS Marbot

Nganjuk, megapos.co.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Nganjuk menggelar acara Lebaran 1000 Yatim di Pendopo Kabupaten Nganjuk, Jumat (26/7/2024).

Acara ini dihadiri langsung Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna dan Wakil Ketua Baznas Propinsi Jawa Timur, Muhammad Zaki.

Selain menyerahkan bingkisan kepada anak yatim, Baznas juga membagikan sejumlah kunci rumah, paket premi BPJS ketenagakerjaan dan rombong untuk pelaku Usaha Mikro Kecil menengah (UMKM).

Wakil ketua 3 Baznas Propinsi Jawa Timur, Muhammad Zaki mengapresiasi kerja keras Baznas Nganjuk sehingga mampu menghimpun dan menyalurkan ZIS untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lebih luas meski usianya belum genap setahun.

Lebih lanjut, Zaki menilai kinerja Baznas Nganjuk termasuk kategori andalan dan mampu melakukan kerja cerdas, kolaborasi dan sinergi dengan semua stake holder.

“Melihat progres hari ini, saya yakin Baznas Nganjuk mampu bekerja dan InsyaAllah Baznas Jatim akan menambah banyak program seperti pendidikan, bantuan rumah layak huni dan peternakan,” tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Pj Bupati Kabupaten Nganjuk, Sri Handoko, mengapresiasi kerja-kerja Baznas dalam melayani masyarakat, kolaborasi dalam membantu program pemerintah khususnya dalam menurunkan angka kemiskinan extrem dan stunting.

“Terima kasih Baznas atas sinergi dan komitmennya membantu pemerintah selama ini,” tegas Handoko.

Lebih lanjut, ia berjanji akan turut mensuport Baznas dalam mencapai target pengumpulan seperti ketentuan dari Baznas pusat.

“InsyaAllah kami akan mensupport agar target 6,2 M tercapai, khusus OPD pendidikan dan Kesehatan yang menaungi ASN dengan jumlah besar mohon bisa dimaksimalkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Nganjuk, Zainal Arifin menjelaskan, lembaga yang dipimpinnya telah merealisasikan sejumlah program dalam rangka untuk menurunkan angka kemiskinan extrem dan stunting.

“Alhamdulilah dapat kami laporkan kepada pak PJ Bupati, tahun ini Kami telah menyalurkan senilai Rp 689 juta dalam bentuk 27 unit rumah layak huni,” tegasnya.

Selain itu, kata Zainal, Baznas juga membagikan paket BPJS Ketenagakerjaan Marbot Masjid dan penyerahan bantuan Rombong bagi pelaku usaha mikro.

“Kami targetkan seribu masjid, untuk tahab pertama ini 200 masjid dan juga kami bagikan bantuan rombong untuk pengusaha rumahan,” imbuhnya.

Selain program di atas, Baznas menurut Zainal, juga telah menyakurkam berbagai program bantuan pendidikan, kesehatan dan layanan dakwah dan panduan ibadah bagi mualaf.

“Alhamdulillah berkat suport berbagai pihak, Baznas dapat menyalurkan donasi zakat infaq dan sodaqoh yang kami himpun dari ASN untuk masyarakat yang lebih luas,” tukasnya.

Diketahui, Basnas Nganjuk pada tahun 2024 telah menyalurkan donasi ZIS kepada 8 asnaf untuk sejumlah Program, untuk Program Nganjuk Peduli senilai Rp. 838 juta dalam bentuk bedah Rumah Layak Huni (Rutilahu), santunan yatim duafa dan disabilitas.

Berikutnya untuk program Nganjuk Sehat senilai Rp. 57 juta yang disalurkan melalui program penurunan stunting dan Ibu hamil serta bantuan kaki palsu.

Program Nganjuk makmur telah tersalurkan senilai Rp 48 juta dalam bentuk modal usaha dan peralatan pelatihan.

Pelatihan keterampilan ini berupa pelatihan potong rambut/ barbershop dan kecantikan.

Sedangkan untuk program Nganjuk Taqwa senilai Rp 57,3 juta dan disalurkan dalam bentuk insentif guru ngaji, pembinaan mualaf dan premi BPJS Ketenagakerjaan Marbot Masjid. (**)