DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Pastikan Kesehatan Anak dan Cegah Stunting, Pemdes Sanan Laksanakan Giat Posyandu Desa

Tulungagung, megapos.co.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Sanan Kecamatan Pakel, Kabupaten Tulungagung terus mengupayakan serta memantau perkembangan kesehatan anak di wilayahnya dengan melaksanakan kegiatan Posyandu Desa.

Kegiatan ini dilaksanakan tepatnya pada Senin (5/8/2024) di balai desa setempat. Dengan adanya program ini nantinya masyarakat akan mendapatkan layanan kesehatan yang semakin mudah dikarenakan akan dilayani langsung oleh Puskesmas setempat bersama Posyandu.

Posyandu ini tidak hanya terbatas pada lansia tapi juga remaja dan balita secara serentak. Hal hal yang diperoleh masyarakat terkait layanan kesehatan meliputi konseling kesehatan, penyuluhan hingga skrining penyakit tidak menular. Seperti pemeriksaan tekanan darah, lingkar perut, gula darah, tekanan darah dan lainnya.

Layanan kesehatan ini dilaksanakan sebulan sekali dan lebih efisien, cepat tanpa datang ke Puskesmas.

Kepala Desa Sanan, Sujianto, SE mengatakan bahwa Pemdes bersama tim kesehatan mengambil langkah melakukan pencegahan dengan Pemberian makanan tambahan (PMT) yang berupa susu.

Pemberian makanan tambahan tersebut khusus untuk ibu hamil dan stunting.

“Semoga kegiatan posyandu ini akan meningkatkan kualitas kesehatan balita dan anak yang ada di Desa Sanan.

Sehingga akan melahirkan generasi penerus yang cerdas dan sehat,” ungkapnya.

Sujianto juga berharap layanan kesehatan ini masyarakat bisa memanfaatkan sebaik mungkin agar keluhan tentang kesehatan terdeteksi sejak dini.

“Kami harap warga bisa manfaatkan layanan ini sebagai upaya tindakan antisipatif dan mendeteksi terjadinya penyakit,” harapnya.

Perlu diketahui juga untuk giat kali ini ditangani langsung oleh Bidan Desa setempat bersama Kader Posyandu Desa Sanan. (Sdr)