DaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Mas Bupati Ipin Memanen Padi Hasil Uji Coba Pertanian Hemat Air

Trenggalek, megapos.co.id – Berkesempatan memanen padi hasil uji coba pertanian hemat air, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin yakin upaya tersebut bisa mengatasi krisis iklim.

Panen yang dilakukan di demplot pertanian Kelompok Tani Sinar Harapan Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari itu adalah yang kali kedua di tahun ini.

Melihat hal tersebut, diprediksi pertanian hemat air ini akan bisa panen empat kali dalam setahun.

“Jadi pertanian hemat air juga hemat pupuk, ini sudah dua kali panen jadi sudah proven, terbukti bahwa hasilnya baik,” ucap Mas Bupati Ipin, Sabtu (20/7/2024).

Uji coba pertanian hemat air sendiri dikerjakan di lahan kering dengan dilakukan treatment. Hasilnya setelah dua kali panen lebih baik dibandingkan lahan sawah biasa.

“Sekarang uji cobanya kita perluas, tadi saya tanya petani, udah lihat hasilnya, bagus mana, siapa yang mau praktik nanti kita bantu beberapa sarana prasarananya,” ujar Mas Ipin.

“Kalau ini bisa terjadi, otomatis insyaallah di Trenggalek nanti kita bisa mengatasi krisis iklim ini dengan pertanian yang kita bisa target meskipun musim hujannya tidak pasti, ini kita target bisa panen empat kali,” sambungnya. (Kom/sdr)