DaerahHead Line NewsNganjukPendidikanPolitik & Pemerintahan

Meriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Dinas Pendidikan Nganjuk Gelar Karnaval Tingkat TK/RA

Nganjuk, megapos.co.id – Memperingati Hari Ulah Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk menggelar Karnaval Tingkat Taman Kanak-kanak/ Raudhatul Athfal (TK/RA), Sabtu (10/8/2024).

Kegiatan yang diikuti siswa siswi RA dan TK ini mengambil rute dimulai di depan Slumbung Food Festival ke Utara menuju Alun-alun Nganjuk dan finish di depan Pendapa KRT Sosro Koesoemo.

Peserta karnaval ini, diberangkatkan langsung oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Porabudpar), Sri Handariningsih mewakili (Pj) Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna dengan didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Sopingi.

Peserta tampak antusias karnaval tingkat TK/RA

Dalam kesempatannya, Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna melalui Kepala Dinas Porabudpar Kabupaten Nganjuk, Sri Handariningsih mendukung serta mengapresiasi dengan diadakannya kegiatan tersebut.

Menurutnya, melalui karnaval tingkat TK/RA ini, anak-anak dikenalkan dengan berbagai kebudayaan di Nusantara, sehingga dapat menanamkan semangat nasionalisme kepada anak-anak sejak usia dini.

“Semoga dengan kegiatan ini, anak- anak semakin mencintai budaya dan keragaman sehingga tumbuh semangat nasionalisme sejak dini,” harapnya.

Pasukan drum band turut memeriahkan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI

Di kesempatan yang sama, Pengawas TK sekaligus panitia acara, Nyamini menambahkan, peserta karnaval ini, terdiri dari 10 gugus atau peleton terdiri dari 44 TK dan 1 peleton RA terdiri dari 5 RA.

Dikatakannya, bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan untuk melatih anak agar mampu mandiri dan tidak bergantung pada orang tua.

“Kemandirian dapat dilatih dan dibiasakan sejak dini oleh orang tua dengan cara memberikan kepercayaan pada anak untuk melakukan sesuatu sendiri ketika dia merasa mampu, salah satunya dengan mengikuti karnaval ini,” terangnya.

Ia berharap, dengan kegiatan ini, bisa memotivasi anak usia sejak dini, untuk mengenal dan mencintai ragam budaya daerah sendiri dan Kebhinekaan.

“Semoga dengan kegiatan ini menjadi momentum untuk menumbuhkan rasa patriotisme, dan nasionalisme bagi anak usia dini,” tukasnya.

Diketahui, peserta karnaval tingkat TK/RA ini, tampak antusias mengenakan berbagai busana adat dari berbagai daerah, tokoh agama, profesi seperti TNI/Polri, dokter, bidan, pilot, petani dan sebagainya.

Meski berjalan di tengah terik matahari tidak menyusutkan semangat mereka untuk memeriahkan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI ini. (Jt/Nr)