DaerahHead Line NewsNganjukPendidikanPolitik & Pemerintahan

Meriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Pelajar SMP/ MTs Negeri Swasta di Nganjuk Ikuti Pawai Budaya dan Pembangunan

Nganjuk, megapos.co.id – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Nganjuk berlangsung sangat meriah.

Kali ini, Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk menggelar Pawai Budaya dan Pembangunan tingkat SMP/ MTs Negeri Swasta se-Kecamatan Nganjuk.

Secara simbolis Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna memberangkatkan pawai tersebut, dari Stadion Anjuk Ladang menuju Pendapa KRT Sosro Koesoemo, pada Senin (12/8/2024). 

Pj Bupati Nganjuk didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Sopingi saat menghadiri Pawai Budaya dan Pembangunan

Pawai Budaya dan Pembangunan ini, diikuti peserta sebanyak 14 regu, terdiri dari lembaga SMP/MTs Negeri Swasta se-Kecamatan Nganjuk.

Selain Pj Bupati Nganjuk, hadir dalam acara tersebut, perwakilan dari jajaran Forkopimda Kabupaten Nganjuk, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam kesempatannya, Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna mengatakan, di tengah suasana terik panas matahari ini, para peserta Pawai Budaya dan Pembangunan tingkat SMP/MTS Negeri Swasta tetap semangat untuk melaksanakan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

“Terik panas matahari ini, tidak ada artinya dengan tetesan darah para pendahulu kita yaitu para pahlawan kemerdekaan kita,” terang Pj Bupati Handoko.

Peserta tampak antusias mengikuti acara Pawai Budaya dan Pembangunan

Oleh karena itu, Pj Bupati Nganjuk mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para peserta pawai yang hari ini tetap semangat dalam menjalankan aktivitas pada siang hari ini.

“Semoga dengan semangat HUT ke-79 Kemerdekaan RI yang bertema Nusantara Baru Indonesia Maju dengan sub tema Pembangunan adalah Peradaban Indonesia kiranya dapat mencerminkan BhinekaTunggal Ika,” harapnya.

Pj Bupati Handoko mengungkapkan, bahwa pawai budaya ini juga merepresentasikan kearifan lokal dimana budaya lokal yaitu budaya Melayu dan suku yang ada di Indonesia adalah anugerah yang harus dihargai dan terus dilestarikan.

“Pawai Budaya dan Pembangunan ini diharapkan mampu mempertahankan simpul-simpul kebhinekaan, menjadi kekuatan yang harmonis serta memberikan rasa damai tentram dan nyaman bagi seluruh masyarakat dari berbagai paguyuban di Kabupaten Nganjuk sekaligus sebagai media yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa,” tutupnya.

Peserta pawai dari SMP Negeri 3 Nganjuk saat menampilkan tarian adat dan budaya khas Indonesia 

Diketahui, peserta Pawai Budaya dan Pembangunan tingkat SMP/MTs Negeri Swasta ini, tampak antusias mengenakan beragam pakaian tradisional, pakaian profesi, dan kostum pahlawan.

Mereka juga menampilkan kekayaan adat dan budaya Indonesia melalui busana yang mereka kenakan. Mulai dari pakaian daerah yang khas hingga busana modern yang terinspirasi oleh keberagaman budaya nusantara, pawai tersebut menjadi perpaduan harmonis dari warisan budaya dan semangat kemerdekaan.

Meski berjalan di tengah terik matahari tidak menyusutkan semangat pelajar di Nganjuk ini, untuk memeriahkan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI tahun 2024. (Jt/Nr)