DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Semarak HUT ke-79 Kemerdekaan RI, SMKN 1 Gondang Ikuti Karnaval Tingkat Kecamatan

Nganjuk, megapos.co.id – Sekolah Menegah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Gondang, Kabupaten Nganjuk mengikuti Karnaval Tingkat SD/MI/SMP/MTs/SMA/SMK/MA se-Kecamatan Gondang, Minggu (25/8/2024).

Karnaval ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2024.

Sebanyak 250 siswa siswi SMKN 1 Gondang tampil memukau dengan berbagai atraksi menarik dalam karnaval ini, termasuk pertunjukan music dan kostum-kostum unik yang mencerminkan keberagaman budaya Indonesia.

Para siswa dengan antusias menampilkan kreasi mereka, yang telah dipersiapkan dengan matang sejak beberapa minggu sebelum acara.

Kepala SMKN 1 Gondang, Gaguk Wiyono Heru saat diwawancara

Kepala SMKN 1 Gondang, Gaguk Wiyono Heru mengungkapkan, peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada tahun 2024 ini mengusung tema besar “Nusantara Baru Indonesia Maju”.

“Tema ini merupakan seruan untuk membangun fondasi yang kokoh bagi masa depan bangsa kita, di mana setiap elemen masyarakat berperan aktif demi mencapai kemajuan yang lebih baik,” terangnya.

Menurut Gaguk, melalui karnaval ini, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk lebih mengenal dengan berbagai kebudayaan di Nusantara, sehingga dapat menanamkan semangat nasionalisme kepada anak didik.

“Semoga dengan kegiatan ini, anak- anak semakin mencintai budaya dan keragaman sehingga tumbuh semangat nasionalisme,” harapnya.

SMKN 1 Gondang menampilkan patung raksasa yang menyerupai Ogo-ogoh

Dikatakannya, barisan karnaval SMKN 1 Gondang sengaja menampilkan berbagai kreativitas yang mencermikan rasa kebhinekaan. Hal ini dapat dilihat dari keanekaragaman kostum peserta yang ditampilkan dengan keberagaman pakaian adat dan budaya nusantara.

“Dalam barisan karnaval SMKN 1 Gondang, kita mengikuti urutan yang telah ditentukan oleh panitia peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI Kecamatan Gondang,” tandasnya.

Uniknya, selain menampilkan barisan kostum berbagai busana adat dari berbagai daerah, tokoh agama dan profesi, SMKN 1 Gondang juga menampilkan patung raksasa yang menyerupai Ogoh-ogoh, sebuah ikon kebudayaan Bali.

Gaguk berharap, melalui momentum peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI ini, siswa siswi SMKN 1 Gondang generasi muda Indonesia harus memahami sejarah berdirinya Indonesia.

“Mereka harus tahu bahwa meraih kemerdekaan Republik Indonesia ini tidak mudah, begitu besar perjuangan pahlawan dengan mengorbankan jiwa dan raga,” tegasnya.

Ia juga mengimbau, kepada siswa siswi SMKN 1 Gondang yang terlibat langsung dalam rangkaian peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI baik di lingkup kecamatan maupun sekolah betul-betul bisa memaknai nilai-nilai kebangsaan dan kecintaan terhadap budaya.

“Karnaval ini menjadi salah satu wujud nyata dari semangat kebersamaan dan gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia,” tukasnya.

Diketahui, selain karnaval, masih dalam rangkaian peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, SMKN 1 Gondang juga menggelar kegiatan perlombaan untuk siswa dan guru. Diantaranya, lomba bola voly antar kelas, lomba memegang belut dimasukkan botol dan sebagainya.

Camat Gondang, Bayu Istas Sasongko saat memberangkatkan peserta karnaval

Di kesempatan yang sama, Camat Gondang, Bayu Istas Sasongko mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh panitia dan lembaga sekolah yang ikut berpartisipasi atas terselenggaranya kegiatan karnaval ini, mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan.

“Kegiatan karnaval ini diikuti 13 peleton yang terdiri dari lembaga sekolah jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA,” ujarnya.

Menurut Camat Gondang, kegiatan ini diselenggarakan selain untuk menghibur seluruh warga masyarakat Nganjuk khususnya warga Gondang, juga mempunyai tujuan untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan pelajar Kecamatan Gondang.

“Semoga, dengan kegiatan ini, tidak hanya menjadi hiburan masyarakat saja, tetapi juga bisa meningkatkan nasionalisme warga Gondang dan masyarakat Nganjuk pada umumnya,” tukasnya. (Jt/Nr)