DaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Pj Bupati Madiun Pimpin Rakor Persiapan Pengamanan Pilkada 2024

Madiun, megapos.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Madiun menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Forkopimda dalam rangka persiapan pengamanan Pilkada di Kabupaten Madiun tahun 2024.

Rakor dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Madiun, Ir. Tontro Pahlawanto pada Selasa (10/9/2024) di Pendapa Muda Graha, Kabupaten Madiun.

Selain Pj Bupati Madiun, Ir. Tontro Pahlawanto, acara tersebut juga dihadiri Dandim 0803/Madiun Letkol Inf Meina Helmi, S.Sos, Kapolres Madiun AKBP Muhammad Ridwan, S.I.K., M.Si, Kapolres Kota Madiun diwakili Waka Polres Kompol Supiyan, S.Sos, dan Forkompinda Lanud Iswahjudi diwakili Kapten Tek Adityama Yogaswara, S.ST. Han.

Lalu, Ketua DPRD KabupatenMadiun Fery Sudarsono, SH, Kajari Kabupaten Madiun Oktario Hartawan Achmad, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Madiun diwakili Wakil Ketua Dr. Pandu Dewanto, SH., MH, Ketua Bawaslu Kabupaten Madiun drh. Slamet Widodo dan perwakilan KPU Kabupaten Madiun.

Suasana rakor persiapan pengamanan Pilkada 2024

Dalam kesempatannya, Pj Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto mengajak sekaligus mengingatkan kepada semua unsur pengamanan Pilkada agar selalu fokus untuk mensukseskan Pilkada 2024.

“Mari bersama-sama kita menciptakan rasa aman, nyaman dan damai di tengah masyarakat untuk mensukseskan Pilkada di Kabupaten Madiun tahun 2024,” terangnya.

Pj Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto menekankan, pentingnya pemahaman pengetahuan yang sama tentang aturan pelaksanaan Pilkada. Sehingga proses tahapan pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Madiun tahun 2024 ini bisa berjalan lancar, aman dan damai.

“Sudah menjadi tekad kita bersama, apapun agendanya, syaratnya adalah rasa aman dan damai dalam pelaksanaannya. Oleh karena itu, kita bersama-sama bertemu untuk memberikan pemahaman yang sama terkait dengan agenda Pilkada 27 November mendatang,” katanya.

Selain itu, Pj Bupati Madiun juga meminta seluruh perangkat daerah hingga perangkat desa untuk menjaga netralitas. Dengan tidak melakukan pelanggaran, mendukung salah satu calon kepala daerah ataupun memberikan intervensi apapun dalam pelaksanaan Pilkada.

“Setiap pegawai ASN harus patuh pada asas netralitas tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan lain di luar kepentingan bangsa dan negara. Seluruh ASN di Kabupaten Madiun untuk tetap teguh menjaga netralitas,” tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Madiun, Mashudi SSos MSi mengatakan, rakor ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan sinergitas Pemda, TNI/Polri, KPU, Bawaslu dalam menjaga keamanan, kondusifitas, demokrasi dan kedaulatan bangsa di wilayah Kabupaten Madiun.

“Selain itu, juga untuk meningkatkan partisipasi semua pihak agar pelaksanaan Pilkada bisa terlaksana dengan aman, kondusif, lancar dan demokratis,” terang Mashudi.

Menurutnya, rakor ini diikuti sebanyak 200 peserta terdiri dari Tim Desk Pilkada Kabupaten Madiun tahun 2024, Kasat Opsnal Polres Madiun dan Polres Madiun Kota, Pasi Opsnal Kodim 0803 Madiun, Satuan Intel Polres Madiun, Polres Madiun Kota, dan Kodim 0803 Madiun, perwakilan OPD, Forkopimcam se-Kabupaten Madiun, Kasi Trantib se-Kabupaten Madiun, perwakilan 3 pilar desa/kelurahan. (Adv/Pras)