DaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Kunjungi Kelompok Wanita Tani di Desa Siki, PJs Bupati Erma : Penuhi Kebutuhan Secara Mandiri, Juga Ciptakan Peluang Ekonomi

Trenggalek, megapos.co.id – Berkunjung ke Desa Siki Kecamatan Dongko, Pjs Bupati Trenggalek Dyah Wahyu Ermawati temui Kelompok Wanita Tani (KWT) Dahlia.

Di kesempatan itu, Pjs Bupati ikut menanam dan memanen tanaman sayur di desa tersebut, Jumat (11/10/2024).

Pjs Bupati Trenggalek yang akrab disapa Bu Erma itu mengapresiasi gerakan yang dilakukan Dinas Pertanian dan Pangan bersama Kelompok Wanita Tani di setiap desa untuk memanfaatkan pekarangan yang ada menjadi lebih produktif melalui Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

“Menurut saya sangat bagus karena ini mampu memberdayakan para wanita, ibu-ibu, khususnya menangani stunting dan secara tidak langsung akan menjaga inflasi,” ungkap Bu Erma.

“Ini harus diteruskan sampai kepada taraf dimana mereka bisa berusaha, tidak hanya memenuhi kebutuhan warganya tapi juga bisa meningkatkan pendapatnya,” imbuh Pjs Bupati Trenggalek itu.

Dirinya berharap, dengan adanya P2L selain bisa dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan ketahanan pangan keluarga, juga dapat menjadi peluang meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar.

Menurut Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek, Imam Nurhadi, gerakan tanam sayur di pekarangan dilakukan hampir di setiap kecamatan. Namun untuk P2L dilakukan di wilayah lokus stunting.

“Ketahanan pangan nasional itu akan diperoleh awalnya dari ketahanan pangan rumah tangga itu sendiri, jadi kita mengajarkan kepada ibu-ibu untuk memanfaatkan lahan pekarangan yang ada di sekitarnya,” jelasnya.

“Jadi sudah ada bibit-bibit yang nanti akan kita bantu distribusinya ke anggota KWT, masyarakat sekitar untuk ditanam di lahan pekarangannya yang nanti setidaknya akan memperkuat ketahanan pangan rumah tangga itu sendiri,” lanjut Imam.(sdr/kom)