Dinas Pertanian Sambut Kunker DPR RI di Gudang Bulog Geneng Melihat Ketersediaan Pangan

Ngawi, megapos.co.id – Pangan merupakan kebutuhan dasar atau kebutuhan pokok manusia, maka sudah sepatutnya pemerintah lewat Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura, memberikan pehatian serius terkait hal tersebut, dan pada era pemerintahan Presiden Jokowi ini mencanangkan kedaulatan pangan.

Sektor ini mendapat prioritas lebih dengan curahan program yang lebih, dibuktikan dengan berbagai gelontoran bantuan yang beraneka ragam mulai bantuan bibit, pupuk, alat bercocok tanam atau handtraktor, obat-obatan, alat pemanen padi, serta bantuan pendanaan keuangan lewat gapoktan dan kelompok tani (poktan).

Selain itu, pemerintah  mengerahkan tenaga ahli penyuluh pertanian lapangan, mengadakan kepelatihan dan juga mengerahkan pendampingan pertanian dari unsur TNI.

Ir Marsudi Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Ngawi mengatakan, Ngawi memiliki luas lahan pertanian sekitar 51 ribu hektar  dengan kemampuan panen hampir 10 ribu ton gabah kering giling sekali panen.

“Ngawi merupakan salah satu lumbung pangan di Jawa Timur, dan Jawa Timur sendiri merupakan lumbung pangan nasional, maka sangat penting bagi kita untuk selalu meningkatkan produksi pangan untuk mendukung pencanangan kedaulatan pangan oleh pemerintah,“ ujranya.

Hal tersebut dibuktikan ketika Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja (kunker) di gudang Bulog GBB Geneng, Kamis (1/11/2018). Saat itu didapati stok cadangan pangan berupa beras lebih dari cukup alias aman. “Hasil panen gabah dari sawah petani cukup bagus dan melimpah ke Bulog sehingga stok yang berada di gudang Bulog ini aman, bisa kita lihat bersama tumpukan beras sangat menggunung di sini,“ jelas Marsudi.

Pada acara itu juga dihadiri oleh Jadi, Dirjen TSP Kementrian Pertanian RI, Komisi IV DPR RI, pejabat Bulog pusat , provinsi, dan daerah, tak ketinggalan pula petani dari berbagai kelompok petani yang ada di desa-desa wilayah Kabupaten Ngawi.

Kegiatan diakhiri dengan seksi  tanya jawab dengan beberapa petani dan DPR RI, seputar keluhan pupuk,dan kesulitan air yang langsung diberi solusi untuk membuat pengajuan proposal lewat dinas pertanian.

Rangkaian helatan diteruskan dengan kegiatan panen raya di Desa Dempel Kecamatan Geneng , yang telah siap menunggu puluhan hektare panen padi secara serentak dengan hasil yang memuaskan. (adv/dispertan)

Reporter : Budiono

Editor : M. Hartono