SMKN 1 Jombang Gelar Pelatihan Pendidikan Karakter dan Outbond

Jombang, megapos.co.id – SMK Negeri I Jombang menggelar kegiatan pelatihan pendidikan karakter dan out bond bagi siswa kelas X. Kegiatan yang mengambill tema “Membentuk Kader Pemimpin Bangsa yang Berkarakter dan Berkualitas” ini digelar di Mako Yonif Mekanis 521/DY Kabupaten Kediri, Selasa (13/11/2018).

Kepala SMKN I Jombang, Drs.H. Supriyadi M.kes mengatakan dalam pelaksanaan pendidkan karakter dapat dilakukan melalui jenjang pendidikan yang diimplementasikan pada kurikulum di tingkat satuan pendidikan yang memuat pelajaran normatif, adaptif, produktif, muatan lokal dan pengembangan diri.

Tujuan pendidikan nasional,  jelas Supriyadi, bahwa pendidikan di setiap jenjang, termasuk Sekolah Menengah Kejuruan SMK Negeri I Jombang harus diselenggarakan secara sistematis guna mencapai tujuan.

“Hal tersebut berkaitan dengan pembentukan karakter Siswa SMKN I Jombang sehingga mampu bersaing, beretika, bermoral, sopan santun dan berinteraksi dengan masyarakat,” jelas nya. Secara umum, menurut Supriyadi, dalam mewujudkan pendidikan karakter dapat dilakukan melalui pendidkan formal, non formal dan informal.

“Antara satu dengan yang lain saling melengkapi dan saling mempercayai. Pendidikan karakter perlu karena merupakan berbagai usaha yang harus dilakukan oleh personil Sekolah, bahkan yang dilakukan bersama-sama dengan orang tua dan anggota masyarakat, untuk membantu siswa siswi agar menjadi atau memiliki sifat peduli, berpendirian, dan bertanggung jawab dan bukan sekedar fungsi sebagai media untuk mengembangkan kemampuan semata, melainkan juga berfungsi untuk membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermartabat,” terangnya.

“Dari hal ini maka sebenarnya pendidikan karakter tidak bisa ditinggalkan dalam fungsinya di pendidikan. Begitu pentingnya pendidikan karakter di Sekolah untuk itu bagi kita para guru, maupun orang tua hendaknya senantiasa menanamkan karakter pada anak didiknya baik secara langsung maupun tidak langsung berkewajiban menyelenggarakan program pelayanan yang bernuansa nilai-nilai pendidikan karakter,” ungkapnya lagi.

Sedangkan out bond, lanjutnya, merupakan metode yang efektif yang memanfaatkan seluruh potensi dalam diri siswa melalui berbagai aktivitas permainan. Dengan demikian kegiatan outbound ini merupakan mengembangkan kemampuan siswa.

“Outbound yang dilakukan juga dapat menjaga otak agar terus bergerak dalam melaksanakan kegiatan. Dalam mengasah prilaku baik dari individu juga dalam mengenal dirinya sendiri sehingga ia dapat lebih peka terhadap lingkungan dimana ia berada,” ungkapnya.

Dengan berada di alam bebas, kata Supriyadi, di harapkan para peserta kegiatan outbound dapat meluapkan ketegangannya yang diakibatkan oleh rutinitas atau aktivitas sehari-hari sehingga setelah melakukan kegiatan outbound diharapkan peserta dapat lebih segar ketika kembali dalam rutinitas sehari-harinya.

Pentingnya Outbond, menurutnya, guna  mengerti bagaimana siswa menjadi anggota kelompok siswa menggali pemahaman terkait diri sendiri. siswa agar memahami nilai-nilai dalam melakukan interkasi dengan orang lain.

“Selain itu, meningkatkan kemampuan siswa dalam membina hubungan baik dengan orang lain. Meningkatkan motivasi dan keyakinan atas kemampuan yang dimiliki oleh siswa dan juga siswa mampu berpikir secara kreatif dan meningkatkan rasa saling percaya dan kebersamaan dan sebagainsarana rekreasi,”pungkasnya.

Reporter : Wisnu

Editor : M. Hartono