Dinas PUPR Kabupaten Magetan Bangun Drainase dan Trotoar

Magetan, megapos.co.id РSalah satu infrastruktur publik yang menjadi prioritas untuk ditangani selain jalan adalah penyedian saluran drainase dan trotoar bagi pejalan kaki yang nyaman dan representatif. Dalam beberapa tahun terakhir ini ada alokasi anggaran untuk mendukung kegiatan tersebut.

Kondisi saat ini masih banyak saluran drainase yang perlu ditangani, baik itu pembangunan baru, rehabilitasi mapun hanya pemeliharaan rutin. Dengan kondisi saluran drainase yang bagus akan berdampak pada pengurangan genangan air pada musim hujan sehingga kondisi jalan pun akan lebih awet dan tidak mudah rusak.

Sejalan dengan kegiatan perbaikan saluran drainase dibarengi dengan trotoar bagi pejalan kaki. Saat ini masih banyak kebutuhan trotoar bagi pejalan kaki yang perlu diadakan. Banyak juga trotoar yang sudah ada perlu diperbaiki.

Pada tahun anggaran 2018 ini melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Magetan, ada sekitar 30 lokasi perbaikan drainase dan trotoar. Dengan keterbatasan anggaran maka diperlukan evaluasi dan proritas untuk menentukan lokasinya.

“Salah satu lokasi yang dibangun atau direhabilitasi adalah drainase di lingkungan Desa Ngariboyo Kecamatan Ngariboyo,” ujar Muchtar Wahid Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kabupaten Magetan saat ditemui Mega Pos.

Pekerjaan tersebut meliputi pemasangan gorong-gorong untuk saluran ,serta pemasangan paving untuk trotoar¬†secara bertahap dan disesuaikan dengan kemampuan anggaran. “Kami akan secara terus menerus melakukan kegiatan tersebut dengan harapan nantinya seluruh drainase di Kabupaten Magetan akan dapat berfungsi dengan baik dan tercukupinya trotoar yang baik dan layak bagi pejalan kaki,” ungkapnya. (adv/pupr/pari )

Reporter : Supari

Editor : M. Hartono