DaerahMagetanPolitik & Pemerintahan

Dinas PUPR Magetan Rehabilitasi Saluran Air

Magetan, megapos.co.id Tahun 2018 ini, Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Kabupaten Magetan melaksanakan pekerjaan rehabilitasi Saluran Molang IV di Desa Manjung Kecamatan Panekan.

Pelaksanaan selama 60 hari sejak ditandatanganinya surat perintah kerja (SPK) tertanggal 23 Oktober 2018, dengan nilai lontrak Rp 173.980.000. Diketahui, Saluran Molang IV mengairi luas baku seluas 35 hektare yang pola tanam cenderung padi dan palawija.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Kabupaten Magetan, Yulik Iswahyudi, ST mengatakan, dalam rangka mempertahankan tingkat layanan Saluran Molang IV dilakukan rehabilitasi berupa pasangan batu lining kanan dan kiri sepanjang sekitar 100 meter

“Rehabilitasi ini diharapkan mampu mengurangi tingkat kebocoran sehingga debit air bisa secara optimal dimanfaatkan oleh petani di daerah irigasi Molang IV,” ujarnya.

Rehabilitasi itu di samping juga kontur tanahnya yang relatif tinggi di sisi kanan kiri sehingga juga untuk mencegah kelongsoran tebing yang bisa mengganggu kelancaran air irigasi. “Dengan lancarnya irigasi, diharapkan kesejahteraan petani semakin meningkat,” jelasnya. (adv/PUPR/Pari )

Reporter : Supari

Editor : M. Hartono