Bagian Depan Candi dan 71 Rumah Warga Disapu Angin Puting Beliung

Tulungagung, megapos.co.id – Hujan deras disertai angin puting beliung melanda 4 desa di wilayah Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung dan sekitarnya, Jumat (1/3/2019). Akibatnya,

sebanyak 71 rumah warga serta bangunan pabrik, kandang ternak, dan 1 sekolah SD rusak.

Bahkan, angin puting beliuang juga menyapu pelataran serta bagian depan situs candi dan beberapa rumah rusak di Desa Mirigambar. Sedangkan puluhan rusak lainnya berada di Desa Trenceng, Bendilwungu, dan Desa Sambijajar.

Galih Nusantoro Camat Sumbergempol mengatakan, kejadian berawal saat hujan deras turun sekitar pukul 15.00 WIB kemarin. Selang beberapa saat kemudian, angin berputar-putar memporak porandakan puluhan rumah warga. “Kerusakan terparah di Desa Trenceng. Sebanyak 54 rumah warga rusak,” ujarnya, Sabtu (2/3/2019).

Untuk mengantisipasi tidak terjadinya hal serupa, Galih meminta kepada masyarakat supaya melakukan pemotongan pohon yang berukuran besar, yang berada dekat rumah agar tidak menimpa tempat tinggal.

Saat ini Pemerintah Kecamatan Sumbergempol sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Tulungagung dan BPBD untuk melakukan pendataan kerusakan rumah warga, serta menghitung kerusakan material yang diakibatkan terjangan angin puting beliung tersebut. “Material yang dibutuhkan warga berupa genting, asbes serta material lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, terkait robohnya situs budaya berupa candi di Desa Mirigambar tidak merusak cagar budaya tersebut, hanya bagian depan bangunan candi atau di area depan. “Pelataran dan bagian depan candi yang rusak, lainnya masih utuh,” katanya.

Reporter : Agus Budiyanto

Editor      : M. Hartono