BanyuwangiDaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Untag Banyuwangi Gelar Pelatihan Teknik Pengolahan Hasil Pertanian

Banyuwangi, megapos.co.id  – Universitas Tujuhbelas Agustus (Untag) Banyuwangi, mengadakan kegiatan Program KKN dan PPM pelatihan membuat sabun herbal dari buah naga.

Pelatihan yang digelar di Balai Desa Plampangrejo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi, Rabu (31/7/2019) seitar pukul 14.00 WIB ini diikuti oleh anggota kelompok tani, ibu-ibu anggota PKK dan masyarakat setempat.

Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk pelatihan bagi yang belum mengenal pembuatan sabun herbal dari buah naga.

Maisyaroh ketua panitia mengatakan, di desa ini pihaknya mengadakan kegiatan KKN dan PPM dengan program utama pelatihan teknik pengolahan hasil pertanian, dan dijadikan sumber pengasilan bagi para petani atau masyarakat.“Di Desa Plampangrejo ini banyak sekali yang ikut, 80 persennya adalah petani,” urainya kepada megapos.co.id.

Dikatakan, biasanya para petani habis panen buah naga tidak bisa bertahan lama, sehingga menimbulkan banyak tertimbun sampai busuk.

“Maka cara mengatasi supaya buah naga bisa dijual dan tidak terbuang sia – sia, kami punya solusinya yakni dijadikan sebagai sabun herbal. Nantinya bisa dijual dan nilai ekonominya lebih tinggi bila dibandingkan jual buahnya,” ungkap Maisyaroh.

Menurutnya, sabun herbal dari buah naga ini sudah teruji hampir 3 bulan lamanya. Sedangkan untuk pemasaran jauh lebih baik hingga sampai ke Jakarta.

Untuk memakainya bila dibandingkan sabun lain, sangat jauh lebih fress dan dapat terasa menyegarkan serta harum. Sabun herbal tersebut  dijual untuk perkotaknya hanya Rp 5.000.

“Dalam kegiatan ini kami mengutamakan untuk para ibu – ibu yang bisa menjaga kesehatan supaya tidak sembarang memakai sabun, biar bisa melindungi kulit sensitif lebih halus dan lentur,” ujarnya .

Sementara itu, Slamet Kades Plampangrejo mengatakan, kegiatan ini perlu disosialisasikan agar dapat menambah penghasilan masyarakat, sehingga bisa menghasilkan nilai ekonomi yang lebih baik.

Terlebih ada program dari Untag Banyuwangi yang bisa melatih ibu – ibu supaya tidak vakum pengetahuan.

“Sabun herbal dari buah naga ternyata ada manfaatnya yang sangat bermutu. Semoga hal ini menjadikan masyarakat bisa berkembang lebih baik lagi,” tuturnya.

Reporter : Budiyono

Editor      : M. Hartono