DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Pemkab Nganjuk Gandeng Bukalapak Pasarkan Produk UMKM Nganjuk

Nganjuk, megapos.co.id – Untuk membantu memasarkan produk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Nganjuk agar lebih dikenal masyarakat luas di kancah nasional, Pemerintah Kabupaten Nganjuk menggandeng PT Bukalapak.com.

Hal ini ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Nganjuk dengan PT Bukalapak.com di Pendopo pada Jumat (16/8/2019) yang disaksikan oleh kurang lebih 300 pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Nganjuk.

Mas Novi foto bersama Forkopimda dan perwakilan dari Bukalapak usai penandatangan nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Nganjuk dengan PT Bukalapak.com

Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat Ssos MSi mengatakan alasan Pemerintah Kabupaten Nganjuk melakukan kerjasama dengan PT Bukalapak.com adalah untuk mengakomodir para pelaku UMKM supaya menjadi satu wadah, membantu mengenalkan UMKM Nganjuk di kancah nasional sehingga produk-poduk UMKM Nganjuk dikenal oleh masyarakat luas.

Selain itu, kata Mas Novi sapaan akrab Bupati Novi, untuk membantu pelaku UMKM tumbuh secara maksmial dan lebih baik sehingga tingkat perekonomian di Kabupaten Nganjuk mulai dari masyarakat ekonomi menengah ke bawaha akan semakin meningkat perekonomian dan pendapatan per kapita.

Mas Novi berharap, usai penandatanganan kerjasama ini, Bukalapak membuat atau membuka laman khusus untuk UMKM Nganjuk. “Yang jelas PT Bukalapak.com sudah siap mensupport semaksimal mungkin. Akan tetapi, ini kan masih awal kita terus melakukan pembenahan-pembenahan baik dari Bukalak, Pemkab Nganjuk maupun dari pelaku UMKM,” tandasnya.

Selain UMKM, Mas Novi juga menerapkan program Smart Farming 4.0 yang ada di Kabupaten Nganjuk. Menurutnya, program tersebut disambut positif oleh Menteri Pertanian RI. “Insyaallah bulan September yang akan datang, Pak Menteri akan melaunching program ini. Beliau mengapresiasi, bahkan Nganjuk akan menjadi tempat percontohan teknologi Smart Farming 4.0 ini,” kata Mas Novi.

“Ke depan, saya berharap Bukalapak juga menyediakan tempat untuk penjualan di bidang pertanian,” pungkas Mas Novi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Nganjuk Dra RR Heni Rochtanti MM menambahkan penandatangan kerjasama ini merupakan inovasi di sektor pelayanan publik salah satunya dengan memanfaatkan platform digital.

“Pemerintah Kabupaten Nganjuk berkomitmen mewujudkan pelayanan yang berkualitas dengan terus gencar menggaungkan masyarakat yang damai dan kondusif untuk membangun institusi yang efektif dan akuntabel serta memanfaatkan potensi yang ada di Kabupaten Nganjuk yang bertujuan meningkatkan pertumbuhan perekonomian sehingga pengangguran dapat ditekan dengan kesempatan kerja serta mengurangi kesenjangan,” ungkap Heni.

Kehadiran Bukalapak ini, lanjutnya, merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Nganjuk dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada para pelaku UMKM agar dapat memasarkan produk dengan menggunakan go online karena mengikuti perkembangan ekonomi digital.

Editor : Jumiati