Perkawis Nganjuk Terapkan Konsep Kehati di Bukit Asmara Gunung Wilis

Nganjuk, megapos.co.id – Pelestari Kawasan Wilis (Perkawis) Kabupaten Nganjuk dalam waktu dekat akan melaksanakan program keanekaragaman hayati (kehati) di lahan konservasi alam Bukit Asmara Gunung Wilis atau tepatnya berada di Dusun Tengger Desa Blongko Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk.

Hal ini disampaikan oleh Harjo Sukamto selaku Koordinator Divisi Program Perkawis Kabupaten Nganjuk, paska mengunjungi lokasi Bukit Asmara bersama Konsultan Tekhnis Program Kehati Nganjuk, Rabu (24/2/2021).

Diterangkan oleh Harjo Sukamto bahwa, secara umum tujuan dilaksanakan Program Kehati adalah untuk pelestarian kawasan gunung wilis, utamanya Bukit Asmara dengan menerapkan konsep Taman Kehati (keanekaragaman hayati), dan kemudian disusun dengan tata kelola yang apik serta memiliki nilai manfaat baik untuk alam maupun manusia.

“Namun begitu konsep dan pelaksanaan Taman Kehati ini diperlukan sinergitas dan peran serta pemerintah daerah dan juga masyarakat setempat,” terangnya.

Dikatakan juga, Bukit Asmara Gunung Wilis yang berada diketinggian 800 mdpl, merupakan kawasan strategis yang memiliki sumberdaya alam multi fungsi, dan saat ini dikelola secara bersama antara Perkawis, Perumda Aneka Usaha (Badan Usaha milik Pemkab Nganjuk) dan Forbindes Blongko serta masyarakat setempat.

Dan sesuai visi misi yang dicanangkan Konsorsium Perkawis, pihaknya ingin mewujudkan kawasan Wilis sebagai benteng ketahanan ekologi, ketahanan bencana dan ketahanan ekonomi.

“Dan yang sudah kami lakukankan saat ini yaitu konservasi alam, rehabilitasi lahan, reboisasi, penghijauan, termasuk agroforestry yang melibatkan berbagai pihak,” kata pria yang akrab dipanggil Pakde Kamto ini.

Senada disampaikan oleh Ir.Tirto, Direktur Perumda Aneka Usaha Kabupaten Nganjuk, bahwa perlunya memberi perhatian lebih terhadap kawasan atau wilayah yang memiliki potensi tinggi terjadinya bencana longsor. Untuk itu penguatan kawasan konservasi alam sangatlah penting untuk segera dilakukan.

“Segera dan secepatnya kami melakukan koordinasi dengan rekan-rekan Perkawis dan dinas terkait untuk merumuskan dan merealisasikan progam kehati tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nganjuk, Tri Wahyu Kuntjoro, S.Sos. mengapresiasi program kerja Perkawis terkait program keanekaragaman hayati di Bukit Asmara Gunung Wilis. Pihaknya mengaku siap berkolaborasi mewujudkan program kehati tersebut. Namun begitu diperlukan konsep dan rumusan yang tepat agar program kehati ini benar-benar tepat dan punya nilai manfaat untuk semua.

“Pada intinya kami siap berkolaborasi dengan pihak manapun termasuk Perkawis terkait program kehati ini. Apalagi kami dari Dinas Lingkungan Hidup sudah beberapa kali melakukan aksi penanaman, penghijauan bersama Perkawis di Bukit Asmara, bahkan bersama Bupati Nganjuk dan LIPI beberapa waktu lalu,” ungkapnya. (Jt/kam)