Nganjuk Terpilih Jadi Pilot Project Sekolah Penggerak Kemendikbud

Nganjuk, megapos.co.id – Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawa Timur terpilih menjadi salah satu dari 8 kabupaten/ kota pilot project program Sekolah Penggerak di Jawa Timur yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Sopingi melalui Kepala Bidang (Kabid) Ketenagaan, Sri Handariningsih mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk mendukung dan bertekad mensukseskan program tersebut demi terciptanya pelajar Pancasila.

“Kabupaten Nganjuk terpilih bersama dengan ratusan kabupaten/kota di Indonesia sebagai pilot project Sekolah Penggerak tahun ajaran 2021/2022,” kata Han sapaan akrab Sri Handariningsih saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (22/6/2021).

Menurut Han, pihaknya menyambut positif dengan terpilihnya Kabupaten Nganjuk menjadi bagian pilot project Sekolah Penggerak, yang mana hal ini tentunya akan mendorong percepatan peningkatan kualitas sekolah di Kabupaten Nganjuk.

“Di Kabupaten Nganjuk sendiri, terdapat 12 TK Negeri/ Swasta, 16 SD Negeri/ Swasta dan 8 SMP Negeri / Swasta yang terpilih sebagai Sekolah Penggerak,” terangnya.

Masih menurut Han, program Sekolah Penggerak bukan memilih sekolah favorit atau sekolah unggulan, melainkan untuk mendorong transformasi sekolah-sekolah lainnya, baik negeri dan swasta lainnya untuk menjadi Sekolah Penggerak.

Ada banyak manfaat untuk sekolah bisa mengikuti Program Sekolah Penggerak, di antaranya adalah meningkatkan hasil mutu pendidikan dalam kurun waktu tiga tahun serta meningkatkan kompetensi kepala sekolah dan guru.

“Nantinya, sekolah akan mendapatkan pendampingan dilakukan selama tiga tahun ajaran dan sekolah melanjutkan upaya transformasi secara mandiri,” imbuhnya.

Ia berharap dengan terpilihnya sejumlah lembaga pendidikan sebagai Sekolah Penggerak tersebut dapat menghasilkan Pelajar Pancasila sebagai upaya untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong, dan berkebinekaan global.

Diketahui, Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.

Reporter : Jumiati