Plt Bupati Nganjuk Ajak Masyarakat Cerdas Memilih Obat dan Makanan Aman

Nganjuk, megapos.co.id – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk cerdas memilih obat dan makanan aman.

Hal ini disampaikan Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi saat membuka Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Sosialisasi tentang Keamanan Pangan Kabupaten Nganjuk tahun 2022, Senin (24/10/2022) di Gedung Wanita, Kabupaten Nganjuk.

Plt Bupati Nganjuk yang akrab disapa Kang Marhaen ini mengatakan, keamanan pangan merupakan kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologi, kimia dan fisik yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

“Apakah makanan yang selama ini kita konsumsi sudah benar-benar aman bagi tubuh dan kesehatan kita?. Bahkan, anak-anak kita asal jajan di sekolah tanpa tahu atau memperhatikan apakah jajanan itu aman dan sehat,” terang Kang Marhaen.

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi foto bersama peserta sosialisasi

Untuk itu, Kang Marhaen mengingatkan untuk selalu cek klik saat membeli produk pangan olahan terkemas.

“Pastikan kemasan dalam kondisi baik, baca informasi pada label dengan seksama, pastikan memilimi izin edar BPOM RI MD/BPOM RI ML/P-IRT dan pastikan belum melewati tanggal kedaluwarsa yang tercantum pada kemasan,” bebernya.

Dijelaskannya, bahwa keamanan pangan ini adalah tanggung jawab bersama, mulai dari produsen sampai ke tangan konsumen.

“Untuk itu, dibutuhkan peran, dukungan dan komitmen dari seluruh elemen masyarakat untuk mendukung terwujudnya kemananan pangan khususnya di Kabupaten Nganjuk,” kata Kang Marhaen.

Komitmen bersama untuk cerdas memilih obat dan makanan aman

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjum, Drs Sudrajat MM menuturkan, bahwa kegiatan KIE ini diikuti ratusan peserta terdiri dari kader keamanan obat dan makanan, komunitas pasar dan tokoh masyarakat.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat agar dapat melindungi dirinya dari makanan yang tidak memenuhi ketentuan dan mengerti akan pentingnya keamanan pangan,” tandas Sudrajat.

Diketahui, selain dihadiri Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi dan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk,  Sudrajat, acara tersebut juga dihadiri Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Madya Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Surabaya, Yuli Ekowati SSi Apt MPPM, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, dr Laksomono Pratigjo, dan pejabat struktural di Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk.

Reporter : Jumiati