BlitarDaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Komisi IV DPRD RI Endro Hermono Kembali Gelar Bimtek Pengembangan dan Peningkatan Produksi Kopi

Blitar, megapos.co.id – Anggota Komisi IV DPR RI, Endro Hermono kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan dan Peningkatan Produksi Kopi untuk Memenuhi Kebutuhan Pasar di Hotel Grand Mansion, Blitar, Senin ( 20/5/2024).

Bimtek yang diikuti 100 orang pedagang kopi ini, bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan baru dalam meningkatkan kualitas dan jumlah produksi kopi.

Bimtek ini merupakan salah satu kontribusi
Anggota Komisi IV DPR RI, Endro Hermono
dalam upaya mengembangkan komunitas petani lokal dan memperkenalkan berbagai inovasi dalam bidang pertanian, termasuk metode-metode modern dalam penanaman dan pengolahan kopi.

Dalam kesempatannya, Anggota Komisi IV DPR RI, Endro Hermono mengatakan, bimtek ini untuk menjawab tantangan terkait kebutuhan pasar.

“Menikmati kopi dengan cita rasa yang unik adalah tren yang mencandu di dunia kopi sekarang. Banyak penikmat kopi yang sekarang mencari kopi di seluruh dunia,” tuturnya.

Endro meminta kepada Dirjen Tanaman Perkebunan yang menangani kopi agar ke depan, petani kopi yang ada di Kota Blitar ini dilatih cara mengolah kopi standart internasional .

“Karena kita tahu bahwa di Eropa, Belgia, Paris dan negara lain, kopi ini menjadi minuman pokok dengan harga sangat mahal,” tandasnya.

Oleh karena itu, dengan bimtek ini, ia berharap, peserta bimtek bisa meracik kopi dengan bermacam – macam rasa atau variasi dalam bentuk minuman internasional.

“Sebab, kita mempunya potensi tanaman kopi dengan berbagai macam jenis kopi yang ada di Indonesia,” tukasnya.

Masih menurut Endro, pihaknya terus mendorong petani kopi Indonesia untuk meningkatkan pengetahuan dalam memproduksi bahan baku kopi menjadi kopi yang siap pakai.

“Kita juga akan memberikan pelatihan ke pedagang – pedagang supaya nanti mereka bisa mendapatkan brand merk kopi yang mendunia sehingga kita berharap para pedagang bisa mengembangkan dan meningkatan produksi kopi untuk memenuhi kebutuhan pasar baik lokal maupun internasional,” tutupnya. ( Ayu )