DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Jalan Sehat HUT ke 38 SMPN 1 Berbek Meriah

Nganjuk, megapos.co.id – Untuk memperingati HUT ke 38 SMP Negeri 1 Berbek, keluarga besar SMP Negeri 1 Berbek menggelar acara jalan sehat. Peserta jalan sehat diberangkatkan langsung oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Drs  Mokhamad Yasin MSi, Jumat (23/11/2018).

Dalam sambutannya, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Drs. Mokhamad Yasin, M.Si menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh keluarga besar SMP Negeri 1 Berbek. “Selamat kepada keluarga besar SMP Negeri 1 Berbek yang hari ini merayakan hari jadi sekolah tercinta ini. Semoga dengan kegiatan jalan sehat ini, anak-anak semua semakin sehat baik secara intelektual, emosional maupun spiritual,” ungkap Yasin.

Kepala SMP Negeri 1 Berbek, Sunarto MPd (kanan) dan Panitia pelaksana, Nur Salim SPd MPd

“Di dalam jiwa yang sehat, kita bisa mengabdikan diri kepada nusa dan bangsa salah satunya sebagai seorang pelajar, peserta didik memiliki kewajiban yaitu belajar yang giat agar pendidikan berkualitas khususnya di Kabupaten Nganjuk bisa terwujud,” tambahnya.

Sementara itu, Sunarto MPd, Kepala SMP Negeri 1 Berbek mengatakan kegiatan jalan sehat yang diikuti seluruh keluarga besar SMP Negeri 1 Berbek mulai dari siswa siswi, tenaga pendidik, staf TU dan komite sekolah ini berjalan meriah. Selain menghadirkan hiburan berupa elektune, kata Sunarto, panitia juga menyediakan berbagai hadiah menarik.

“Kupon masing-masing peserta jalan sehat diundi untuk mendapatkan hadiah utama berupa kambing dan sepeda. Selain itu, mereka juga memperebutkan ratusan door price menarik lainnya,” ungkap Sunarto.

Keluarga besar SMP Negeri 1 Berbek

Selain jalan sehat, lanjutnya, SMP Negeri 1 Berbek juga menggelar acara pagelaran wayang kulit mengambil lakon “Dewa Ruci” dengan dalang Ki Gendeng Suluki dari Situbondo dan Ki Joko dari Nganjuk, Sabtu (24/11/2018).

Sunarto berharap dengan digelarnya pagelaran wayang kulit ini, anak didiknya bisa menteladani tokoh wayang dalam cerita tersebut. “Kita bisa menteladani jiwa ksatria, perjalanan dan kegigihan dari tokoh wayang Dewa Ruci di dalam perjuangannya mencari ilmu,” terangnya.

Panitia pelaksana, Nur Salim SPd MPd menambahkan dalam pelaksanaan HUT ke 38 SMP Negeri 1 Berbek ini pihaknya mengambil tema “Rajin Berkarya dan Membaca untuk Meningkatkan Kepribadian Bangsa Secara Utuh”.

“Makna dari tema tersebut kita implementasikan ke dalam rangkaian kegiatan HUT salah satunya yaitu kegiatan Showcase yang digelar bersamaan dengan jalan sehat. Dalam kegiatan ini, peserta didik memamerkan hasil karyanya, seperti karya seni budaya, mapel dan sebagainya,” ungkap Nur Salim.

Melalui momentum peringatan HUT ke 38 ini, ia berharap, peningkatan bidang pendidikan karakter dan prestasi, salah satunya menuju Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional bisa terwujud.

Untuk diketahui, selain rangkaian kegiatan peringatan HUT ke 38 yang telah digelar, kegiatan sosial juga akan digelar yaitu khitanan massal yang melibatkan masyarakat kurang mampu di lingkungan sekitar sekolah yang akan digelar pada tanggal 1 Desember 2018 mendatang.

Reporter : Jumiati

Editor : M. Hartono