DaerahNgawiPolitik & Pemerintahan

Wabup Ony Anwar Bersama Poktan dan Gapoktan Gali Potensi dan Aspirasi untuk Kemakmuran Petani

Ngawi, megapos.co.id – Kelompok tani (Poktan) dan gabungan kelompok tani (Gapoktan) duduk bersama dengan Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar untuk rembuk tani dalam rangka gali potensi dan aspirasi yang bertempat di Gedung Penyuluhan Kecamatan Jogorogo.

Acara rembuk tani ini dihadiri anggota poktan dan anggota gapoktan, perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Ngawi,  Forpimka Jogorogo dan seluruh Kades di wilayah Kecamatan Jogorogo dan PPL Kecamatan Jogorogo. Acara berjalan sangat komunikatif.

Setelah mendengar aspirasi poktan dan gappoktan Jogorogo, Ony Anwar menuturkan bahwa poktan dan gapoktan di Kabupaten Ngawi khususnya di Kecamatan Jogorogo memiliki peran utama dalam menunjang program pertanian dan menjadi penggerak ekonomi secara nasional.

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Ngawi mempunyai komitmen akan membantu para petani di Kecamatan Jogorogo untuk menggarap lahan pertanian dengan konsep baru yang memberikan hasil pertanian lebih banyak dan ramah lingkungan, sehingga derajat kesehatan dan ketahanan pangan baik dan meningkat.

Menurutnya, para petani harus menanam varietas rendah emisi, pengelolaan pupuk nitrogen slow release, menggunakan pupuk organik yang utama, pengelolaan air secara intermitten merupakan teknologi unggulan dalam menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK) sektor pertanian.

“Inovasi teknologi pertanian di atas merupakan bagian dari teknologi ramah lingkungan yang mendukung swasembada pangan berkelanjutan yang sehat di Kabupaten Ngawi dan nasional,” tutur Wabup Ony.

Ditambahkan, Pemkab Ngawi Ngawi di tahun 2020 akan menggelontorkan dana APBD yang difokuskan sebagian untuk membangun infrastruktur kelembagaan dan gapoktan dalam membangun ketahanan pangan.

“Bulog harus membeli gabah petani sesuai harga standar nasional untuk menggali potensi desa. Ke depan Pemkab Ngawi melalui Dinas Pertanian akan mengupayakan bantuan alat-alat pertanian yang modern kepada para poktan dan gapoktan secara bergantian, agar persoalan kesulitan petani teratasi dan hasil panen meningkat, menjadikan Kabupaten Ngawi sebagai lumbung pangan nasional,” ungkapnya.

Ony Anwar memberi pesan kepada poktan dan gapoktan saat ini semakin peduli akan pentingnya kualitas produk, tuntutan untuk produk berkualitas telah mengarah ke berbagai sektor termasuk pertanian. Belakangan ini terdapat tendensi kebutuhan konsumen yang mengarah pada produk pertanian organik.

Penggunaan pupuk organik dipercaya membawa manfaat lebih bagi produk produk pertanian. Karena dengan penggunaan pupuk organik produk pertanian menjadi lebih sehat, lebih ramah lingkungan dan sedikit banyak mengurangi dapak negatif dari bahan kimia yang digunakan untuk memperoleh hasil pertanian yang sangat berbahaya bagi lingkungan dan manusia.

Dengan digunakannya pupuk organik, lanjut Ony, bisa memperbaiki struktur tanah karena tanah yang hanya menggunakan pupuk kimia lama kelamaan rusak bisa mengurangi produktivitas akibat kesuburannya berkurang.

“Melalui kegiatan silahturahmi ini diharapkan bisa menggugah kesadaran para petani untuk mengalihkan sebagian pupuknya dan menggantinya dengan pupuk organik,” ajak Wakil Ony. (adv/kominfo/bd)

Reporter : Budiono

Editor : M. Hartono