DaerahPolitik & PemerintahanTulungagung

Cegah Peredaran Narkoba, Begini yang Dilakukan Kodim 0807/Tulungagung

Tulungagung, megapos.co.id – Dalam rangka pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN), Kodim 0807/Tulungagung bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tulungagung melaksanakan kegiatan tes urine di aula makodim, Jumat (28/12/2018).

Dandim 0807/Tulungagung Letkol. Inf. Wildan Bahtiar mengatakan, kegiatan tes urine ini merupakan rutinitas yang dilakukan untuk mencegah anggotanya terlibat narkotika secara langsung maupun tidak langsung.

“Ada sekitar 20 anggota yang dites urine. Mereka terdiri dari anggota Koramil dan Babinsa,” ujarnya kepada megapos.co.id.

Wildan, tujuan diadakannya kegiatan ini untuk mengkampanyakan program P4GN yang dicanangkan oleh BNNK Tulungagung kepada pemerintah daerah dan anggota TNI, untuk tidak menggunakan maupun mengedarkan narkoba. “Jika ada anggota yang kedapatan menggunakan narkoba, akan kami tindak tegas, yaitu dilakukan indisipliner dan pemecatan,” tegasnya.

Sementara itu, Tri Arif Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Tulungagung mengatakan, sebanyak 20 anggota Kodim 0807/Tulunggung yang dites urine ini dinyatakan negatif dari penggunaan narkoba.

“Berdasarkan Inpres Nomor 06 Tahun 2011 tentang program P4GN, Kabupaten Tulungagung dikategorikan aman dari bahaya narkoba. Nantinya ini akan kami sampaikan ke BNN pusat. Kami menjamin, ke depannya dengan progran P4GN di Kabupaten Tulungagung aman dan kondusif dari peredaran narkoba,” tandasnya.

Reporter : Agus Budiyanto

Editor      : M. Hartono