DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Jelang Tahun Politik, Ir Mindo Sianipar Gelar Sosialisasi Empat Pilar

Nganjuk, megapos.co.id –  Memasuki tahun politik baik pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden, menuntut kita sebagai warga negara Indonesia untuk tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari segala perbedaan pandangan politik.

Untuk itu, Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, daerah pemilhan VIII Jawa Timur Ir Mindo Sianipar menggelar acara sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Selasa (15/1/2019) di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk. Acara tersebut diikuti 170 peserta sosialisasi yang terdiri dari tokoh masyarakat dan ibu-ibu warga Desa Gejakan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk.

Peserta sosialisasi 4 pilar

Ir Mindo Sianipar melalui staf ahli Dedy Nawan, MK menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini digelar agar masyarakat memahami apa itu 4 Pilar Kebangsaan. Selain itu, tujuan sosialisasi tersebut agar para masyarakat juga memahami bahwa negara “lahir” melalui hasil perjuangan para pahlawan-pahlawan terdahulu. Harapannya, sambung Dedy, masyarakat luas dapat termotivasi untuk semakin mencintai NKRI serta mampu berbangsa dan bernegara dengan baik sesuai amanah yang ada.

“Kita berharap masyarakat mampu mengimplementasikan 4 Pilar Kebangsaan, di dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi ini penting dilakukan dalam rangka pembelajaran bersama masyarakat untuk mengerti apa itu Konstitusi UUD 45, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Dengan harapan meningkatkan kesadaran Masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain itu, lanjutnya, sosialisasi empat pilar kebangsaan dilakukan untuk memahami kembali nilai-nilai luhur bangsa, di tengah keprihatinan berbagai persoalan yang mendera bangsa Indonesia.

Sementara itu,  terkait aspirasi yang diperjuangkan, Mindo Sianipar yang juga anggota Komisi IV DPR RI ini juga menggelar acara “Dengar Pendapat Dengan Masyarakat Aspirasi Ir Mindo Sianipar”, Rabu (16/1/2019) di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk.

Dengar Pendapat Dengan Masyarakat Aspirasi Ir Mindo Sianipar

Menurut Dedy, kegiatan dengar pendapat ini untuk menampung dan menerima aspirasi masyakat Nganjuk yang akan diwujudkan dalam program tahun berikutnya. “Kita berharap aspirasi masyarakat Nganjuk yang telah diperjuangkan Pak Mindo ini semoga bisa terserap dengan baik sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat Nganjuk,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, kata Dedy, Mindo juga berpesan agar masyarakat agar selalu menjaga situasi daerah masing-masing agar aman, kondusif dan terkendali menjelang pemilihan legislatif dan pilihan presiden tahun 2019.

Untuk diketahui, seluruh peserta sosialisasi dibekali buku pedoman Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

 

Reporter : Jumiati

Editor : M. Hartono