DaerahHead Line NewsHukum & KriminalTulungagung

Tes Urine Mendadak bagi Anggota Polisi

Tulungagung, megapos.co.id – Untuk mengetahui apakah anggotanya menggunakan atau menyalahgunakan narkoba, Polres Tulungagung melakukan tes urine, Jumat (1/2/2019). Tes urine yang dilakukan secara mendadak ini untuk memberikan kejutan bagi anggota Polres Tulungagung.

Kapolres Tulungagung AKBP. Tofik Sukendar mengatakan, seluruh anggota polisi yang ada di lingkup Polres Tulungagung tidak luput dari tes urine ini. “Sebanyak 320 anggota yang dites urine, semuanya dinyatakan negatif atau tidak ada yang menggunakan atau mengkonsumsi barang haram tersebut,” ucap Tofik.

Tofik menjelaskan, kegiatan seperti ini rutin dilakukan oleh Polres Tulungagung setiap enam bulan sekali untuk memastikan seluruh anggotnya bersih dari narkoba. “Saya tidak segan-segan memberikan sanksi kepada anggota yang kedapatan mengkonsumsi, dan atau mengedarkan narkoba,” tegasnya.

Sementara itu, dr. Yuyun Widyawati salah seorang dokter di Rumah Sakit Bhayangkara Tulungagung menyampaikan, ada beberapa obat yang saat dites urine bisa menunjukan indikator positif. Namun jika hal itu muncul, akan dites ulang dan diteliti lagi obat apa yang dikonsumsi. “Nanti akan kami tes urine ulang untuk memastikannya,” ujarnya.

Reporter : Agus Budiyanto

Editor      : M. Hartono